Mohon tunggu...
Orchida Nadia Salsabila
Orchida Nadia Salsabila Mohon Tunggu... Lainnya - 012

Success and happiness lie in yourself.So stay happy,and your happinness and you will form a strong character against adversity.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Minimnya Etika ataupun Moral dalam Masyarakat

24 Oktober 2021   20:12 Diperbarui: 31 Oktober 2021   18:55 131 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

       Sering kah kita mendengar etika ataupun moral? tapi pada kenyataannya banyak sekali orang yang mengabaikan atau tidak menerapkannya. Dalam kehidupan,etika ataupun moral memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan baik . Yang terpenting agar peranan tetap berjalan dengan baik yaitu dengan bagaimana caranya kita memahami teorinya dan menerapkannya dengan baik di kehidupan bermasyarakat. Namun dalam penerapannya masih ada yang melakukan pelanggaran etika ataupun moral kemudian akan menggelisahkan masyarakat dan menimbulkan kerugian baik pada dirinya sendiri maupun orang lain.

       Di era masa modern ini, semakin canggihnya teknologi semakin banyak pula dimasyarakat yang minim etika ataupun moral. Banyak sekali kasus yang bertentangan dengan moral seperti halnya pembunuhan,pergaulan bebas,narkoba. Pergaulan dimasa sekarang ini kurang memperhatikan etika caranya bergaul dengan lawan jenis,banyak sekali kasus yang terjadi akibat pergaulan bebas. Sehingga dapat dikatakan seiring perkembangan zaman ini semakin banyak pula moral generasi penerus bangsa  mulai luntur . Dikalangan masyarakat sekarang  perkembangan moral,etika maupun akhlak menjadi terkikis karena pengaruh  perkembangan dan kemajuan teknologi yang tidak digunakan sebagaimana mestinya. Kebanyakan dampaknya yang sering terjadi itu diluar  akal sehat. Seperti halnya kasus seorang anak yang membunuh Ayahnya karena tidak dibelikan motor dan lainnya,meskipun masalahnya terlihat sangat sepele tetapi karena moral anak tersebut sudah terkikis sehingga tidak ada rasa patuh,rasa sayang,peduli sama sekali. Ada juga dikalangan masayarakat sekarang ini banyak remaja yang bermain dimedia sosial dengan minim etika seperti halnya berjoget-joget dengan busana yang kurang sopan.Etika sangat diperlukan sekali dalam berbusana bagi para remaja yang pola fikirnya atau perilaku masih labil dengan perubahan-perubahan yang tidak menentu dengan adanya pengaruh - pengaruh baik dan buruk yang mereka dapatkan atau peroleh pada saat ini. 

        Dalam masyarakat sekarang ini banyak orang yang mengikuti trand tanpa memperdulikan etika. Padahal masyarakat sekarang ini tengah dilanda persoalan yang serius yaitu krisisnya moral ataupun etika,tapi banyak sekali masyarakat yang tidak memperdulikan  dan banyak yang tidak menyadari juga,bahwa  itu sangat berpengaruh bagi peradaban bangsa kita di mata Dunia. Dan semakin banyak masyarakat yang tidak memperdulikan etika seperti halnya orang membuang sampah sembarangan,meskipun yang dibuangnya sampah berukuran kecil atau bisa dibilang orang tersebut  menyepelekan,padahal kalau semua masyarakat mengangap dengan sangat mudah bisa mengakibatkan sampah yang tadinya kecil menjadi banyak dan berserakan dimana-mana alhasil menyebabkan tercemarnya linkungan. Adapula anak zaman sekarang ini bisa dibilang belum cukup umurnya tetapi dibolehkan orang tuanya memakai motor tanpa memperhatikan sikapnya anak tersebut ketika sedang di jalan raya  selalu ugal-ugalan atau bisa dikatakan tidak memperhatikan etika mengendarai motor dan apabila masih seperti itu maka banyak yang  terjadi kecelakaan. Tanpa disadari masyarakat sekarang ini banyak yang minta tolong tetapi tidak mungucapkan rasa berterima kasih,meskipun kelihatannya ucapan terima kasih sangat sepele tapi itu merupakan wujud etika seseorang yang sudah ditolong.

      Faktor yang sering terjadinya krisis moral yang melanda di kalangan masyarakat saat ini,seperti kenakalan remaja yang banyak dilatar belakangi oleh masalah keluarga atau biasa disebut broken home. Dampaknya dapat memberikan pengaruh psikologis pada remaja tersebut. Ada juga krisisnya moral karena faktor lingkungan,seringkali seseorang yang melakukan tindakan menyimpang karena terpengaruh oleh teman-temannya. Seperti ungkapan "dimana pun kita berada dan dengan siapa kita bergaul,ini akan berdampak pada cara hidup kita". Oleh karena itu kita harus lebih memperhatikan  kepada siapa kita bergaul.Apabila kita tidak berhati-hati,faktor lingkungan kita dapat membawa  kita masuk ke dalam permasalahan moralitas tersebut. Begitu juga peran media massa sekarang ini sangatlah berpengaruh terhadap penyimpangan perilaku.Peran media dalam masyarakat akan membawa dampak dan perubahan yang signifikan bagi kehidupan sosial. Adapula  perilaku menyimpang yang sering terjadi karena adanya dorongan kebutuhan ekonomi.

      Masih banyak sekali dikalangan masyarakat,seseorang yang lebih mementingkan dirinya sendiri bahkan ada juga yang tidak mau mengalah kalau kesenangannya merasa terganggu. Meskipun masih banyak orang yang bersifat seperti itu tak dipungkiri masih ada juga orang yang lebih mementingkan  orang lain dibanding dirinya sendiri. Kelebih peduliannya terhadap orang lain juga bisa berdampak negatif,ditemukan bahwa perilaku inilah dapat membahayakan kesehatan diri sendiri. Pada dasarnya tentu kita tahu bahwa sifat yang berlebihan tidak baik untuk diri kita.

      

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan