Mohon tunggu...
Opa Jappy
Opa Jappy Mohon Tunggu... Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

http://jappy.8m.net

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Opa Jappy, "Mari Perpendek Usia Aktif Covid-19"

23 Mei 2021   10:14 Diperbarui: 23 Mei 2021   21:05 106 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Opa Jappy, "Mari Perpendek Usia Aktif Covid-19"
Dokumentasi SehatQ

Hari Ini di Cianjur, Jawa Barat | Segala sesuatu memikik durasi 'Ada hingga Tiada;' era dan masa di antara 'Ada dan Tiada' tersebut, yang disebut usia, umur, dan rentang hidup serta kehidupan.

Semua makhluk, termasuk flora dan fauna, benda mati, hidup, bergerak, ataupun statis memiliki rentang usia. Setelah rentang usia itu berakhir, maka menjadi tiada. Kemudian, mungkin saja, dibuang (karena menjadi sampah), dikubur atau dikremasi, serta yang tersisa hanya ingata dan sejarah.

Sama halnya dengan virus Corona, yang pop disebut Covid-19. Covid-19 memiliki rentang usia tertentu ketika ada atau menempel pada benda-benda hidup dan mati. Covid-19 pun bisa mati dengan sendirinya jika tak cukup mendapat 'makanan' dari benda-benda yang ia tempelkan dirinya.

Covid-19 (akan) semakin berkembang biak, bertambah banyak, bahkan menjadi varian-varian baru jika menempel atau ada dalam makhluk hidup, misalnya manusia.

Tapi, Covid-19 (bisa) mati serta tak bertahan lama jika menempel pada benda-benda mati; ia tetap hidup pada durasi tertentu. Sehingga, seseorang bisa mengalami serangan Covid-19 jika menyentuh benda-benda yang tertempel virus. Atau, Covid-19, karena tertiup angin, terbang dari benda-benda mati ke atau masuk dalam tubuh melalui mulut, hidung, dan mata.

Rentang hidup Covid-19 di di benda mati tergantung pada suhu; misalnya, bertahan lama serta semakin kuat pada suhu rendah dan kelembaban udara tinggi.

Hasil studi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (seperti yang dipublikasikan pada salah satu Aplikasi Dokter dan Kedokteran di Indonesia) menyatakan bahwa  durasi hidup Covid-19 pada benda-benda mati beragam.

Aluminium. Bertahan hidup selama 2 hingga 8 jam; jika alumunium itu dipanaskan di atas 50-60 derajat, maka Covid-19 langsung tewas

Sarung Tangan Operasi (yang biasa digunakan oleh tenaga medis). Bertahan hidup selama 8 jam.

Besi. Bertahan hidup selama 4-8 jam

Kayu. Bertahan hidup selama 4 jam

Kaca. Bertahan hidup selama 4 hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x