Mohon tunggu...
Opa Jappy
Opa Jappy Mohon Tunggu... Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan. Akun Resmi Jappy M Pellokila di Kompas.Com dengan motto Bebas Menyuarakan Kebebasan. Tulisan lain: http://indonesiahariini.id/ http://jappy.8m.net https://twitter.com/OpaJappy">https://twitter.com/OpaJappy Dan juga ada di Berbagai Media Nasional dan LN. Akun Lama http://www.kompasiana.com/jappy

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Kompasianival Virtual? Bukan Kejutan

29 November 2020   21:03 Diperbarui: 29 November 2020   21:13 55 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kompasianival Virtual? Bukan Kejutan
Kompasianival 2018 dan 2019 | Dokpri

Akibat pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia bukan berarti semangat Kompasiana surut untuk menggelar Kompasianival 2020. Hanya, karena kesehatan adalah fokus kita semua, maka Kompasianival 2020 akan digelar secara virtual pada 3-5 Desember 2020. Kompasianival 2020 yang bertema "Mulai dari Kita" ingin mengajak blogger dan netizen untuk melihat cara pandang yang tidak hanya berfokus pada menanti bantuan, lantas menuntut orang lain melakukan perubahan, tetapi memulainya dari diri sendiri dan komunitas di sekitarnya.Kompasianer, ceritakan dong seberapa enggak sabarnya kamu pada Kompasianival tahun ini? Dan kira-kira sesi apa yang akan kamu ikuti di dalamnya? (Kompasiana).

Kompasianival 2019 | Dokpri
Kompasianival 2019 | Dokpri
Terjebak Hujan di Stasiun Bogor, Jawa Barat | "Kompasianival diadakan secara Virtual?" Suara seseorang di belakang saya. "Ah masa; sich?" sambung suara perempuan. "Gue udah daftar untuk hadir," terdengar suara jawaban seorang anak muda. Itu suara percakapan yang saya dengar di Gerbong Commuter Line Jakarta Bogor; tapi, ketika mencari sumber suara, terlambat, karena yang diduga berkata seperti itu, sudah turun di Stasiun Clebut. Saya tetap di Gerbong menuju Bogor.

Dari percakapan singkat itu, saya sedikit pastikan, bahwa mereka yang berbicara itu adalah para penulis di Kompasiana atau Kompasianer. Sebab, hanya mereka lah yang 'sementara hangat menanti' Kompasianival. Saya, juga sudah mendaftar beberapa hari lalu, walau e-mail balasan tak muncul-muncul. Tapi, tak apa lah, nunggu hari H, model nekad masuk sebagai tamu tak diundang atau pun tak terdaftar.

Memang tahun ini, memang unik, kata beberapa teman, karena Kompasianival diadakan secara Virtual; namun menurut saya, Kompasianival Virtual, tak begitu unik. Karena, sejak Kompasianival di Gandaria City, tahun lupa, waktu ada JK di mimbar utama, hingga Kompasianival 2019, juga bisa dinikmati oleh Kompasianer di Seluruh Dunia secara Virtual. Mereka bisa mengikuti 'Live' melalui medsos, serta melihat keramaian teman-teman di area acara.

Kompasianival 2019 | Dokpri
Kompasianival 2019 | Dokpri
Nah. Kompasianival 2020 ada sedikit beda; tidak ada ramai-ramai ngumpul di area acara (hanya crew/s yang ada di area); tapi segenap Kompasianer hadir secara virtual. 

So, hanya beda tipis dengan Kompasianival tahun-tahun sebelumnya. But, yang mungkin 'tidak atau sulit' terjadi adalah bersapa ria secara langsung, termasuk dapat mpek-mpek dari Dokter Posma, makan rujak buatan Mak-mak Cantik Kompasiana, juga foto bareng, serta berpelukcium ria. 

Kompasianival 2020, sekaligus merupakan tantangan untuk para Crews Kompasianival 2020, mereka harus membangun suasana yang tidak membuat  para tamu virtual bosan dan mematikan kamera, he he he he.

Pastinya, banyak hal yang tak terpikirkan, belum pernah didengar, tak terbayang dalam pikiran (akan) terjadi pada Kompasianival Virtual. Jadi, nunggu saja pada Hari H. 

Opa Jappy | Pasti Hadir di Kompasianival 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x