Mohon tunggu...
Opa Jappy
Opa Jappy Mohon Tunggu... Konsultan - Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

http://jappy.8m.net

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nasib Korban Covid-19 Non Kesehatan

2 April 2020   12:53 Diperbarui: 14 Mei 2020   08:18 125 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasib Korban Covid-19 Non Kesehatan
Dokumentasi Pribadi


Di Jakarta, Ada Orang yang Jika Tidak Keluar Rumah, 
maka Tak Makan

Di Jakarta, ada teman-teman kecil yang berprofesi sebagai tukang parkir (legal dan ilegal), pemungut barang bekas, driver ojeg online dan pangkalan, sopir angkot dan sebagainya; mereka setiap hari mendapat rezeki dari mobilitas masyarakat.

Bayangkan, jika tak ada pergerakan orang; maka teman-teman kecil tersebut tidak mempunyai apa pun agar bisa membeli makanan untuk dirinya dan keluarga. Jika itu terjadi, maka hanya ada dua kemungkinan, yaitu mati kelaparan dan penjarahan besar-besaran di Jakarta.


Kisah Nyata

Kemarin Soreh, ketika ngopi, saya bertemu seorang Ibu Setengah Baya dan Bapak Muda di Warteg. Kami basa-basi sebentar, mencairkan suasana. Kemudian, mereka bercerita tentang banyak hal dalam kaitannya dengan Covid-19. Ringkasnya:

Sebagai warga pendatang (dari Desa di Kabupaten Sleman DIY), Ibu Setengah Baya dan Bapak Muda bekerja harian sebagai OB di PT TMM Jakarta Pusat.

Karena adanya pembatasan kegiatan, maka mereka tidak bekerja; itu bermakna upah Mingguan yang mereka terima setiap Hari Jumat, terhenti.

Karena terhenti tanpa terencana itu, mereka tidak siap; sebab selama ini, honor yang mereka dapat, selalu dikirim ke keluarga di Sleman. Dan kini, honor terakhir mereka, sudah sangat menipis.

Kini, mereka hanya berharap ada 'Malaikat Penolong' yang datang membawa 'penyambung hidup dan kehidupan.' Ya. Kini, mereka termasuk bilangan orang-orang yang sebentar lagi tak punya apa-apa untuk makan dan minum.

===

Lenteng Agung, Jakarta Selatan | Fakta, Covid-19 telah merubah banyak hal, termasuk memporakporandakan semua rencana, jadual, program, bahkan mobilitas ekonomi dan bisnis.

Semuanya itu, dan banyak hal lain, merupakan dampak Non Kesehatan dari Covid-19. Dampak yang lebih, bahkan sangat menghancurkan tubuh seseorang; dampak yang mengluluhlantakan orang-orang yang tidak terserang Covid-19.

Dampak yang terjadi pada rakyat kecil, kaum papa, keluarga pra-sejahtera, pekerja migran, kelompok miskin kota. Kenyataan tersebut, hampir merata di Negeri ini, mungkin saja sama seperti di Negara-negara lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN