Mohon tunggu...
Opa Jappy
Opa Jappy Mohon Tunggu... Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan. Akun Resmi Jappy M Pellokila di Kompas.Com dengan motto Bebas Menyuarakan Kebebasan. Tulisan lain: https://artikel867913207.wordpress.com http://jappy.8m.net https://twitter.com/OpaJappy">https://twitter.com/OpaJappy Dan juga ada di Berbagai Media Nasional dan LN. Akun Lama http://www.kompasiana.com/jappy

Selanjutnya

Tutup

Politik

Jangan Ikutan Jadi Relawan Rasis

8 Maret 2019   06:46 Diperbarui: 8 Maret 2019   06:54 0 4 4 Mohon Tunggu...
Jangan Ikutan Jadi Relawan Rasis
Dokumentasi Kanal Indonesia Hari Ini

Semakin ke sini, di area hangatnya Kampanye Pilpres, agaknya pendukung kedua Pasangan Capres/Cawapres semakin melakukan upaya-upaya menarik perhatian Calon Pemilih.

Namun, sayang teramat sayang, apa-apa yang mereka perbuat tersebut cenderung diluar akal sehat.

Jika pada para pendukung Bo San, wajar lah, mereka hanya sebarkan hoax dan unjar kebencian. Mereka memang begitu, sejak sekian tahun lalu; mereka hanyalah Anti dan Pembenci Jokowi, dan bukan murni pendukung Prabowo Sandi. Memang Memalukan.

Bagaimana dengan Para Pendukung Jokowi Amin atau Jo Min?

Tak bisa dibantah bahwa, ada di antara pendukung Jo Min yang terjerumus dalam pola bodoh dan ngawur ala Tim Bo San. Dan hal tersebut terlihat di Tataran Maya or Medsos.

Banyak contoh orasi, narasi, meme, sticker, bahkan video digunakan relawan Jo Min melawan pendukung Bo San, yang nyaris tak bermakna atau bahkan ikutan usung sentimen SARA.

Paling terlihat adalah serangan, bully, dan ejekan, serta sarkas tentang Ibu Kandung Prabowo dan Saudara-saudara Prabowo yang beragama Kristen. Hal tersebut muncul dari sejumlah kecil pendukung Jokowi Amin, serta masif di Medsos.

Mengapa mereka lakukan itu?
Entah lah.

Padahal, serangan, bully, dan ejekan, serta sarkas tentang Ibu Kandung Prabowo dan Saudara-saudara Prabowo yang beragama Kristen, justru memunculkan sakit hati pada diri pada diri para pendukung Jo Min.

Timbul tanya, apa yang salah dengan Kekristenan Ibu dan Saudara-saudara Prabowo? Sehingga, seakan-akan karena Kekristenan itu, maka Prabowo tidak layak sebagai Presiden RI.

Lebih parah lagi, ada sejumlah sebaran di Medsos, yang intinya, karena ibunya Prabowo dan saudara-saudaranya beragama Kristen, maka ia tak layak jadi Presiden RI.

Sebaran seperti itu, saya sebut kesadisan sosial karena merupakan penghinaan terhadap ke-kristen-an; sekaligus menunjukkan 'kebegoan tingkat keledai dungu.'

Model serangan terhadap Prabowo seperti itu, maka sebetulnya para pendukung Jo Min juga menunjukkan ke-rasis-an mereka. Dan, itu juga bermakna lain, bahwa para pendukung Jo Min ikutan usung sentimen SARA dan Rasis.

Dampak lainnya adalah bisa membuat kalangan Kristen Tradisional dan Fundametalis berpaling dari Jo Min atau jadi mendukung dan memilih Prabowo. Faktanya, muncul frasa dari antara mereka, videonya juga beredar, bahwa, "Karena Prabowo lahir dari rahim Perempuan Kristen, maka saya mendukung dan memilihnya"

Jika sudah seperti itu, siapa yang (mau) disalahkan?

So, stop menyerang, bully, dan ejek, serta sarkas terhadap Kekristenan Ibu Kandung dan Saudara-saudara Prabowo.



Opa Jappy | Relawan Indonesia Hari Ini Memilih Jokowi -IHI MJ

KONTEN MENARIK LAINNYA
x