Ony Avrianto Jamhari

Penikmat pendidikan dan wisata

Asyiknya Trekking di Curug Cibereum Sukabumi

12 Februari 2023   10:09 Diperbarui: 12 Februari 2023   10:25 264

Perjalanan ke Sukabumi naik kereta api adalah perjalanan Saya kali pertama. Moda transportasi kereta api menjadi moda yang sangat efektif untuk pergi ke Sukabumi dari Bogor, terlebih saat ini sudah ada jalur ganda. Tepat jam 14:20 kereta api Pangrango berangkat dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Sukabumi. Jarak tempuh sekitar 2 jam dan kereta berhenti di beberapa stasiun.

Tujuan perjalanan kali ini adalah mengikuti glamping di Paseban Fly Resort yang berjarak kurang lebih 12 km dan perlu 30 menit ke lokasi dari Stasiun Sukabumi. Dari Stasiun, Saya naik transportasi online dan sampailah di Paseban Fly Resort. Di sana sudah ada teman-teman KOTEKA (Komunitas Traveler Kompasiana). Perjalanan ini adalah kegiatan offline Komunitas yang diadakan setiap bulan.

Di lokasi ini ternyata sudah ada banyak sekali para pendaki maupun tamu yang mendirikan tenda-tenda di depan Kawasan Paseban. Luas kawasan ini sekitar 4,9 Hektar dan dikelola oleh Bumi Paseban Alami. Kami sendiri disediakan rumah kayu oleh pemilik resort dan bersama teman teman KOTEKA kami habiskan malam pertama dengan ngobrol mengenai banyak hal seputar didunia blogging. Malam itu kami semua juga menikmati api unggun yang kebetulan disiapkan oleh tamu lain di kawasan.

Paseban Fly Resort mempunyai tujuh Villa yang disewakan untuk umum dengan harga antara 600,000-750,0000 per malam untuk kapasitas 5-7 orang. Kalaupun ada tambahan orang, ada fasilitas extra bed yang dibebankan setiap orang. Selain Villa ada tenda yang juga dapat disewa dan harganya sekitar 200,000 muat untuk 4-6 orang.

Ada keasyikan tersendiri ketika kita glamping atau staycation di Villa Bersama teman-teman. Udara yang sejuk, alam yang indah, suara-suara  hewan, dan air yang jernih membuat kita bisa segar kembali. Paseban Fly Resort menawarkan ini semua dan Saya merasa beruntung dapat ikut perjalanan kali ini bersama teman-teman dari KOTEKA yang jumlahnya ada 12 orang. KOTEKA selain mengadakan acara offline juga acara online (zoom) membahas mengenai pariwisata baik dalam maupun luar negeri.

Trekking ke Curug Cibereum

Dok. pribadi
Dari semua fasilitas yang sediakan oleh Paseban Fly Resort yang harus Anda coba adalah Trekking di Curug Cibereum yang lokasinya di kaki Gunung Gede Pangrango. Pagi-pagi hari setelah sarapan kami berolahraga dan siap-siap Trekking ke Curuq Cibereum. Dengan dipandu oleh guide dari Paseban, kami semua siap Trekking ke Curug Cibereum.

Karena semalam hujan, maka jalanan sedikit basah dan perlu hati-hati untuk trekking. Diperjalanan kita juga perlu waspada karena banyak lintah kecil yang kadang-kadang nempel di baju / celana kita. Disarankan juga untuk membawa obat-obatan. Tidak banyak pendaki yang kita temui selama melakukan perjalanan. Hal ini disebabkan karena lokasi juga tidak mudah untuk trekking.

Di dalam perjalanan kami bertemu dengan monyet dan beberapa hewan lainnya. Setelah 2,5 jam perjalanan sampailah kami di Curug Cibereum yang indah sekali. Nama Cibeureum berasal dari bahasa sunda yang berarti sungai merah, nama ini diambil dari nuansa merah dinding tebing yang terbentuk dari lumut merah yang tumbuh secara endemik di sana. Air deras yang jatuh dari ketinggian 60 meter membuat pemandangan pagi hari ini begitu indah.

Dok. pribadi

Di sana sudah ada beberapa orang yang ada. Kami habiskan 1 jam di lokasi untuk berfoto-foto dan bermain air di sana. Sesduah itu kami kembali ke Paseban. Perjalanan dua hari semalam di Paseban Fly Resort sangat membekas di hati kami semua. Jika teman-teman ingin berlibur dengan menikmati nuansa alam silahkan berkunjung ke Paseban Fly Resort, Sukabumi.