Mohon tunggu...
onyan aeyla
onyan aeyla Mohon Tunggu... Penulis - Jika Aku Menulis Maka Aku Ada

Saya adalah ibu rumah tangga yang memiliki sejuta ungkapan hati yang ingin saya torehkan di kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Gagal Tes Jadi Jurnalis

28 Februari 2021   22:57 Diperbarui: 28 Februari 2021   23:31 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Saya adalah sarjana ilmu komunikasi lulusan 2013 atau angkatan 2009 di salah satu universitas negeri yogyakarta. Wisuda merupakan titik puncak kepuasan saya dalam menjalani pendidikan selama hampir 4 tahun. Saya puas karena saya bisa menjadi seorang sarjana, akan tetapi setelah wisuda saya sudah mulai bingung untuk bekerja dimana.

Perasaan tidak enak kepada orangtua, tetangga dan teman terdekat yang selalu menanyakan kerja dimana membuat saya menjadi down. Akhirnya ada info di jobfair bahwa Net TV buka lowongan kerja sebagai jurnalis dan lulusan ilmu komunikasi. Ya, tentu hati saya sangatlah senang dengan semangat dan harapan bisa menjadi kru di Net TV. 

Tes tahap pertama Alhamdulilah lolos dan untuk tes tahap ke-2 ialah wawancara. Nah pada saat wawancara waktu itu saya diberi beberapa pertanyaan oleh Kru seniornya seperti sebutkan 7 elemen jurnalis?

Saya lupa waktu itu rasanya malu sekali, kemudian apa yang akan kamu lakukan jika ditugaskan mencari berita pada lokasi demonstrasi? Dan ketika nanti nyawa anda yang dipertaruhkan bagaimana?

Ya dengan polosnya saya menjawab saya akan berlindung dan lari menghindar. Masnya langsung senyum-senyum karena memang jawaban saya konyol waktu itu. Setelah pengumuman tidak ada nama saya, tapi saya jadi tahu bahwa menjadi seorang jurnalis itu menang berat dan harus berani bertugas walaupun nyawa taruhanya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun