Mohon tunggu...
Arung Palakka
Arung Palakka Mohon Tunggu... The real Adventure

Saya menjadikan menulis sebagai hobi yang nikmat dengan secangkir kopi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peninggalan Bersejarah Era Kerajaan Selaparang di Pulau Lombok

24 Januari 2020   22:20 Diperbarui: 24 Januari 2020   22:18 43 0 0 Mohon Tunggu...
Peninggalan Bersejarah Era Kerajaan Selaparang di Pulau Lombok
(Liputan6.com/hans Bahanan)

Kerajaan Selaparang merupakan salah satu kerajaan yang pernah berkuasa di Pulau Lombok. Keberadaan Kerajaan ini kala itu cukup berpengaruh hingga tiba saatnya ambisi kerajaan Majapahit yang sedang melakukan ekspansi perluasan daerah kekuasaan hingga melakukan penyerangan terhadap kerajaan Selaparang

Penulis banyak membaca informasi seputar kerajaan Selaparang pada situs Wikipedia.org dan salah satu artikel yang cukup menarik penulis baca berjudul Sejarah Kerajaan Tertua yang pernah berdiri di Pulau Lombok. Salah satu dari kerajaan tersebut adalah Kerajaan Selaparang.

Sisa-sisa dari kekuasaan Kerajaan Selaparang ini meninggalkan bukti yang dapat kita lihat hingga saat ini. Bukti sejarah ini dapat kita lihat secara langsung di Pulau Lombok.

Beberapa peninggalan Kerajaan Selaparang yang menjadi bukti kejayaan Kerajaan Selaparang ketika masanya, peninggalan itu diantaranya:

1. Adanya Masjid Pusaka Selaparang


Masjid Pusaka Kerajaan Selaparang, didalam Masjid tepatnya didepan mimbar terdapat suatu batu yang kini diblokir atau ditutupi dengan kaca, konon batu itu berasal dari Kota Bagdad, Iraq. 

Di samping itu, didepan Masjid Pusaka, terdapat suatu bangunan yang berukuran selama 5 x 7 meter persegi, yang oleh masyarakat selama menyebutnya Gedeng Pusaka yaitu suatu tempat menyimpan benda-benda pusaka kerajaan Selaparang, 

Di dalam gedeng itu tersimpan suatu Al-Qur'an bertulis tangan, Keris, Perisai, Sabuk Belo, dan perlengkapan perang Kerajaan Selaparang lainnya.

2. Adanya Makam Raja Selaparang

Tidak jauh dari Masjid Pustaka atau berjarak sekitar 6 km, terdapat makam dari salah satu Raja Selaparang yang pernah berkuasa dan sangat familiar di Pulau Lombok.

Pada awalnya makam ini dibangun saat salah satu Raja atau wali Selaparang dikejar oleh Belanda, ketika tersebut Raja itu menerobos dinding Masjid yang sedang di samping makam, atas dasar itulah makam ini lantas dibangun. Di perumahan ini dulunya ada perpustakaan, tetapi oleh Belanda buku-bukunya dimusnahkan. Padahal di perpustakaan berikut ada sejarah kejayaan Kerajaan Selaparang dimasanya.

Bagi kamu yang hendak mengetahui lebih tidak sedikit tentang sejarah Kerajaan Selaparang, kita dapat berangjangsana ke Desa Ketangga, Kecamatan Swela, Kabupaten Lombok Timur supaya dapat menyaksikan Masjid Pusaka dan Makam Raja Selaparang. Desa ini tergolong Desa Tertua dan menyimpan benda-benda pusaka Kerajaan Selaparang yang menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Selaparang dimasanya.    


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x