Mohon tunggu...
Khonifa  Desita Dewi
Khonifa Desita Dewi Mohon Tunggu... Swasta - Pemimpi

Memberikan informasi terkini seputar hiburan, kuliner, dan masalah lingkungan sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sate Kambing Buatan Sendiri Tak Kalah Nikmat Lebih Kaya Rasa

11 Agustus 2019   20:35 Diperbarui: 11 Agustus 2019   22:40 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
'Sate Kambing Edisi Idul Adha' Sumber: Dokpri

Sebelumnya selamat Idul Adha semuanya. Tepat pada pukul 14.30 tiba-tiba ada yang mengetuk gerbang pintu rumah sambil memanggil Ayah saya dengan suara lantang. Siapakah dia ? Ibu ku pun sudah berteriak memerintahkan saya untuk turun kebawah, "Tuh pak RT" kata Ibu. 

Aku pun langsung bergegas turun ke bawah membukakan pintu dan ternyata dugaan Ibu ku benar, yang datang adalah pak RT dengan beberapa panitia, sedang membagikan daging Qurban. 

Aku pun menerimanya dengan senang hati, karena hanya di Idul Adha aku bisa membuat sate sendiri di rumah. Se tahun pun aku bisa di hitung jari paling 2-3 kali mengonsumsi daging kambing itupun juga beli, emang orang rumah ngga begitu suka banget sama daging kambing jadi nggak pernah masak daging kambing dirumah.

Kalau menurut aku pribadi sih cocoknya daging kambing diolah jadi sate, entah kenapa kurang cocok sama olahan daging kambing lainnya seperti sop, dan kuah-kuah lainnya, tapi kalau nasi goreng kambing masih doyan sih, hehehee. Kamu pasti bisa menebak, kenapa nggak cocok sama olahan daging kambing lainnya ? 

Aku pikir selagi daging kambingnya masih seger, karena udah tau kan baru disembelih tadi pagi, langsung deh aku putuskan untuk membuat sate. Sebelum dimasak daging kambingnya, simak dulu nih tips-tips nya di "Tips Menghilangkan Prengus Pada Daging Kambing".

Ku ambil handphone dan ku cari resep-resep bumbu sate di Youtube. Berbekal dengan pengetahuan di Youtube ku beranikan diri untuk memasak sendiri, karena biasanya tahun-tahun lalu yang buatkan bumbu ya mamah dan saudara-saudara, aku tinggal bakarnya aja tapi kali ini aku buat bumbu sendiri dong.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Berhubung rasanya enak, aku mau bagi resepnya juga nih disini kepada sobat Kompasiana, walaupun ngasih taunya agak telat semoga yang masih punya daging kambing di kulkas dan masih bingung mau dibuat apa  bisa dicoba juga nih resep bumbu sate yang aku buat nih diantaranya: 

Bumbu di haluskan:

  1. 5 Bawang Putih
  2. 7 Bawang Merah
  3. 1 Sendok teh Merica
  4. 2 cm Lengkuas
  5. 2 cm Jahe

Tambahan:

  1. 2,5 sendok makan air asam jawa
  2. Garam secukupnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun