Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pola Pikir Berani Dalam Public Speaking

2 Desember 2022   11:41 Diperbarui: 2 Desember 2022   11:55 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Motivator | Pembicara | Public Speaking "Di saat kamu mengambil keputusan, takdirmu dibentuk." -- Tony Robbins 

Pola pikir adalah sebuah cara untuk membangun cara berpikir baik untuk memahami orang lain ataupun diri sendiri. Pola pikir yang positif akan mendorong Anda untuk terus belajar dan juga melihat hal positif dari semua yang sudah Anda lalui, begitupun sebaliknya jika Anda memiliki pola pikir yang negatid maka Anda akan selalu menolak hal-hal yang terjadi di luar keinginan Anda.

Dalam public speaking, pola pikir positif yang berani sangat dibutuhkan untuk mempengaruhi proses dari public speaking itu sendiri. Membangun pola pikir yang berani, dimana Anda tidak menyerah terhadap satu kali kegagalan dan berani melakukannya lagi dengan lebih baik adalah salah satu kunci utama dalam membuat sebuah public speaking yang elegan.

Terapkan 3 pola pikir ini dalam diri Anda : 

1. Ubah kebiasaan dan mulai keluar dari zona nyaman

Hal yang paling mempengaruhi pola pikir seseorang adalah kebiasaan yang ia lakukan setiap harinya. Suatu hal yang Anda lakukan berulang setiap harinya atau habit Anda akan membentuk pola pikir diri Anda baik itu positif maupun negatif. Untuk mendapatkan pola pikir yang positif dan berani, jelas Anda harus keluar dari kebiasaan negatif apapun itu.

Mulai keluar dari zona nyaman Anda adalah satu langkah dasar yang bisa Anda lakukan. Jika sebelumnya Anda tidak terbiasa untuk berbicara di depan banyak orang karena malu atau tidak terbiasa akan itu, maka mulailah untuk membiasakan diri Anda berbicara. Anda bisa berlatih sendiri di depan cermin ataupun meminta orang terdekat untuk menjadi pendengar Anda.

2. Bergabung dengan orang-orang yang tepat

Apa yang Anda lakukan, akan sangat bergantung dengan dimana Anda berada. Jika Anda berada dalam lingkungan dimana orang-orang yang ada didalamnya memiliki pola pikir yang positif dan mau untuk berubah menjadi lebih baik, maka Anda akan dengan lebih mudah untuk mencapai tujuan Anda.

Ikutlah seminar atau pelatihan public speaking, sehingga Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang ingin belajar hal yang sama dengan Anda dan Anda bisa memiliki teman untuk belajar bagaimana cara untuk membawakan sebuah public speaking.

3. Belajar dari kegagalan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun