Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Ekspresi dalam Presentasi

21 November 2022   16:01 Diperbarui: 21 November 2022   16:04 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivator | Pembicara | Public Speaking Orang bijak mengatakan "Jika Anda ingin terlihat lebih baik, maka tersenyumlah." 

Ketika melakukan komunikasi, baik dengan banyak orang ataupun one on one, hal pertama yang dilihat oleh lawan bicara Anda adalah ekspresi yang Anda tampilkan. Tersenyum, tertawa, dan ekspresi lainnya ternyata tidak hanya dapat mengatasi kegugupan yang Anda alami ketika presentasi atau membawakan public speaking.

Dalam melakukan public speaking, Anda dapat menggunakan komunikasi verbal dan juga non-verbal. Banyak orang yang lebih memperhatikan komunikasi verbal dibandingkan komunikasi non-verbal, padahal komunikasi non-verbal juga memiliki peran yang tidak kalah besar dari komunikasi verbal. Bagaimana cara Anda sebagai pembicara untuk membuat audiens atau peserta yang hadir tertarik mendengarkan penjelasan Anda.

Maka dari itu, penting bagi Anda sebagai pembicara untuk mempersiapkan semua hal sebelum melakukan presentasi atau public speaking seperti berlatih komunikasi non-verbal, yaitu salah satunya ekspresi wajah.

Apa itu ekspresi wajah? 

Ekspresi wajah adalah salah satu komunikasi non-verbal yang dapat membantu Anda dalam mengkomunikasikan ide, pikiran, serta emosi kepada audiens atau kawan bicara Anda.  Ekspresi wajah yang Anda tampilkan akan menggambarkan apa yang Anda rasakan ketika komunikasi tersebut sedang berlangsung. Begitupun dengan audiens Anda, Anda bisa menebak apakah audiens Anda mengerti, menerima, dan memahami materi yang Anda jelaskan lewat ekspresi wajah yang audiens Anda tampilkan.

Mengapa ekspresi wajah penting? 

Ketika Anda berbicara di depan banyak orang untuk membawakan sebuah presentasi ataupun public speaking, maka hal pertama yang audiens Anda perhatikan adalah bahasa tubuh Anda, termasuk ekspresi wajah Anda ketika berbicara kepada mereka. Oleh karena itu, penting untuk seorang pembicara menggunakan ekspresi wajah yang baik ketika membawakan kelas sehingga dapat menarik perhartian audiens Anda untuk mendengarkan apa yang Anda jelaskan.

Bagaimana cara membuat ekspresi wajah yang menarik? 

Untuk dapat mengendalikan ekspresi wajah Anda di depana audiens, tentu Anda harus rajin berlatih sehingga terbiasa melakukannya. Ekspresi wajah yang datar, muram, dan kurang antusias, tentu akan mempengaruhi pandangan audiens terhadap Anda. Maka dari itu, latihlah diri Anda untuk berekspresi dengan baik sesuai dengan emosi yang Anda rasakan serta bagaimana cara menjaga mood Anda agar tetap baik selama kelas berlangsung.

Makan teri pakai sambal terasi

Jangan lupa tambah nasi

Mari perkaya ekspresi

Dan tingkatkan kualitas presentasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun