Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

3 Tips Percaya Diri Saat Presentasi

16 November 2022   11:37 Diperbarui: 16 November 2022   11:44 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivator | Pembicara | Public Speaking "Salah satu kunci penting untuk sukses adalah kepercayaan diri. Kunci penting untuk kepercayaan diri adalah persiapan." -- Arthur Ashe

Memiliki kepercayaan diri untuk dapat tampil dihadapan orang banyak merupakan sebuah privilege atau hak istimewa yang tidak dimiliki oleh semua orang. Apalagi ketika Anda diharuskan tampil untuk membawakan sebuah materi kepada banyak orang dan memastikan mereka paham serta mengerti apa saja yang sudah Anda jelaskan. Tentunya, hal tesebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Tidak hanya harus dimiliki oleh orang yang sering melakukan presentasi, kepercayaan diri untuk dapat berbicara didepan publik sudah seharusnya dimiliki oleh semua orang. Dengan kepercayaan diri serta kemampuan komunikasi yang baik maka nilai diri Anda akan bertambah dimata orang lain yang melihat Anda.

Berikut ini 3 tips untuk Anda yang sering gugup dan kurang percaya diri didepan banyak orang : 

1. Menyiapkan kebutuhan presentasi

Sebelum melakukan presentasi, pastikan Anda sudah mempersiapkan apa saja yang sekirnaya Anda butuhkan untuk presentasi tersebut dari jauh-jauh hari. Materi presentasi baik dalam bentuk softcopy ataupun hardcopy, laptop, kacamata jika perlu, dan lain sebagainya. Persiapkan segala kebutuhan dari jauh-jauh hari agar ketika mendekati hari H dan hari H pelaksanaan tidak ada lagi yang tertinggal dan membuat Anda gugup dan kebingungan.

Buatlah penjelasan pada materi yang Anda buat mudah dipahami, baik oleh Anda sebagai pembicara ataupun bagi audiens yang nantinya akan memperhatikan penjelasan Anda.

2. Pahami materi presentasi

Pelajari dan pahami materi yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Jangan hafal semua hal yang ada pada materi Anda karena hal tersebut akan memakan waktu dan juga membuat Anda bingung jika materi yang Anda bawakan memiliki banyak halaman. Hafallah kalimat pembuka, poin penting, dan juga kalimat penutup pada materi yang sudah Anda buat.

Dengan menghafal ketiga hal tersebut maka rasa gugup, gelisah, kurang percaya diri, dan perasaan buruk lainnya akan perlahan menghilang karena Anda sudah memegang kunci dari presentasi tersebut.

3. Latihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun