Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Manfaat Public Speaking dalam Pekerjaan

15 November 2022   16:00 Diperbarui: 15 November 2022   16:02 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivator | Pembicara | Public Speaking Dikutip dari skillacademy.com, public speaking kemampuan public speaking adalah salah satu soft skill yang wajib Anda miliki. Dengan kemampuan public speaking yang baik, kamu bisa menyampaikan gagasan, ide, informasi, dan hal lainnya dengan baik. Dengan kemampuan public speaking yang baik juga Anda akan bisa lebih percaya diri serta membangun relasi Anda menjadi lebih luas lagi.

Banyak orang yang beranggapan bahwa seseorang yang pandai membawakan presentasi, public speaking, berbicara dengan banyak orang adalah seseorang yang memang memiliki hobi dibidang tersebut. Namun, pada kenyataannya kemampuan public speaking adalah salah satu kemampuan yang harus Anda pelajari dan latih agar dapat menguasainya. Bukan hal yang nudah untuk bisa berbicara di depan orang lain guna menyampaikan pesan dengan jelas dan mencapai tujuan awal.

Kemampuan public speaking bukan hanya berguna untuk kampanye, sekolah, atau kegiatan sosial saja. Kemampuan public speaking yang baik juga akan membantu kehidupan pekerjaan Anda. Akan ada banyak hal yang Anda dapatkan apabila Anda memiliki kemampuan public speaking yang baik, terutama dalam pekerjaan. Apa saja?

Berikut ini adalah 3 manfaat public speaking dalam pekerjaan :

1. Sarana Pengembangan Diri

Kemampuan public speaking yang baik akan membantu Anda dalam mengembangkan potensi yang ada dalam diri Anda. Rasa percaya diri yang Anda miliki akan meningkat karena kemampuan berbicara Anda yang baik di depan banyak orang membuat Anda semakin berani untuk tampil dan membuat diri Anda berkembang baik dalam pekerjaan Anda.

Dengan kemampuan public speaking yang baik juga bisa membuat Anda menjadi lebih menonjol dibandingkan orang yang memilih diam dan tidak berani tampil didepan banyak orang, terutama ketika sedang presentasi dikantor.

2. Sarana Mempermudah Pekerjaan

Ketika Anda memiliki tugas untuk membuat sebuah presentasi kepada klien, atasan, atau rekan kerja Anda, maka Anda tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana cara membawakannya karena Anda sudah memahami teknik-teknik public speaking dengan baik. Dengan kemampuan public speaking yang baik, maka Anda akan dapat dengan mudah menyampaikan pendapat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bahasa tubuh, pemilihan kata, dan metode penyampaian yang Anda gunakan ketika Anda sudah memahami public speaking dengan baik akan membuat apa yang Anda sampaikan dapat diterima dengan audiens dengan baik sehingga tujuan awal dapat terwujud.

3. Memperluas Relasi dan Koneksi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun