Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Seberapa Penting Materi dan Metode Dalam Presentasi?

14 November 2022   12:06 Diperbarui: 14 November 2022   12:30 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Motivator | Pembicara | Public Speaking "It's important to remember that presentations aren't about the presenter. They're about the audience and what the audience needs."

Materi dan metode presentasi atau metode penyampaian adalah dua faktor yang sama pentingnya dalam membuat sebuah presentasi dan juga public speaking agar dapat berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan. Materi yang Anda bawakan haruslah menarik dan juga berhubungan atau relevan dengan audiens Anda yang hadir. Begitupun dengan metode penyampaiannya yang harus powerfull, menarik, serta tidak membosankan sehingga audiens akan nyaman dengan presentasi Anda.

Jika audiens yang merasa kebutuhannya terpenuhi dan nyaman dengan presentasi Anda, maka mereka akan mau mendengarkan apa yang Anda sampaikan di depan kelas hingga kelas tersebut selesai.

Mengapa materi begitu penting? 

Dalam sebuah presentasi atau public speaking, Anda tentunya mengharapkan jika audiens Anda mendapatkan manfaat dari apa yang Anda sudah Anda jelaskan. Audiens akan belajar dan memperhatikan presentasi Anda jika apa yang Anda sampaikan menarik perhatian mereka dan juga sesuai dengan apa yang mereka butuhkan saat itu.

Itulah mengapa, penting untuk Anda melakukan riset terhadap audiens yang akan datang pada presentasi Anda, agar Anda dapat mempersiapkan materi yang sesuai sehingga presentasi atau public speaking tersebut dapat berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Cara penyampaian seperti apa yang tepat? 

Dalam membawakan presentasi atau public speaking, hal pertama yang harus Anda ingat adalah Anda harus membawakan presentasi tersebut dengan menarik, menyenangkan, dan membuat audiens nyaman dengan cara penyampaian Anda. Gunakanlah beberapa refrensi ice breaking atau alat bantu untuk membantu presentasi Anda agar terlihat lebih menarik dan juga powerfull sehingga audiens menjadi tertarik.

Lalu, bagaimana membuat materi dan juga cara penyampaian yang menarik? 

Riset audiens Anda, pahami masalah yang mereka hadapi, apa yang mereka harapkan, lalu buatlah materi yang sesuai dengan hal-hal tersebut. Sisipkan beberapa data, cerita, atau humor yang dapat membuat audiens Anda merasa rileks dengan penyelasan Anda.

Jika materi sudah Anda siapkan dengan sesuai, maka hal selanjutnya Anda harus menyiapkan metode presentasi yang sekira sesuai dengan materi tersebut. Apakah materi yang Anda bawakan memungkinkan Anda untuk bermain beberapa games? Atau menggunakan alat bantu presentasi? Semua kembali lagi pada materi yang sudah Anda siapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun