Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Teknik ADDIE dalam Menyusun Pelatihan

19 Juli 2022   16:28 Diperbarui: 20 Juli 2022   09:29 53 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Motivator | Pembicara | Pelatihan | Public Speaking "If you want to build the business, build the people" -- Brownie Wise

Sumber Daya Manusia yang memiliki skill dan juga pengetahuan di bidangnya sangat dibutuhkan di tengah ketatnya persaingan di berbagai bidang para era globalisasi ini. Dalam upaya peningkatan dan juga pengembangan Sumber Daya Manusia, Human Development khususnya perusahaan atau organisasi Training & Development berperan penting untuk bisa mewujudkannya.

Ada banyak metode yang dapat Anda gunakan dalam melakukan sebuah pelatihan dan juga pengembangan dengan efektif, salah satunya ada ADDIE Model. Dengan menggunakan ADDIE Model ini Anda akan memberikan pendekatan pada audiens Andaa yang berfokus pada pemberian umpan balik untuk perbaikan terus-menerus.

Yang dimaksud dengan ADDIE Model adalah : 

1. Analyzing Your Audience

Anda harus melakukan analisa kepada para audiens yang hadir pada pelatihan yang Anda bawakan. Mulai dari mencari tahu siapa saja audiens Anda, bagaimana tingkatan-tingkatan pendidikannya, hingga masalah apa yang mereka alami seputar dengan topik yang akan Anda bawakan.

2. Design Materi Anda

Sebelum melakukan pelatihan, Anda harus mendesign atau membuat simulasi dari materi pelatihan yang akan Anda bawakan nanti. Dengan mendesign materi ini, nantinya akan memudahkan Anda untuk menyampaikan poin-poin penting atau inti materi dari pelatihan Anda kepada audiens yang hadir.

3. Develop/Kembangkan Materi Anda

Setelah selesai mendesign materi yang akan Anda bawakan pada saat pelatihan nanti, maka Anda bisa mengembanykan materi pelatihan tersebut sehingga cocok dengan kebutuhan audiens Anda yang akan hadir pada pelatihan tersebut.

4. Implementasikan Materi Anda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan