Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Sukses Menjadi Master of Caremony (MC)

25 April 2022   09:43 Diperbarui: 25 April 2022   09:51 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivator | Pembicara  "Every ceremony or rite has a value if it is performed without alteration. A ceremony is a book in which a great deal is written. Anyone who understands can read it. One rite often contains more than a hundred books." - G I Gurdjieff

Pernahkah Anda diminta untuk menjadi pembawa acara sebuah acara? Untuk memastikan penampilan Anda bisa memuaskan audiens dan penyelenggara acara.

Berikut tujuh tips  untuk menjadi pembawa acara layaknya MC profesional:

1. Kenali Audiens Anda

Kunci keberhasilan penampilan Anda adalah dengan mengenali siapa audiens Anda. Mengapa? Karena audiens untuk acara pernikahan sangat berbeda dengan audiens untuk acara bisnis. Saat Anda menjadi pembawa acara, penting untuk memahami jenis audiens yang hadir dalam acara dan apa yang ingin mereka dengar.

2. Persiapkan dan Rencanakan

Mungkin ada saat-saat di mana Anda perlu berimprovisasi ketika di atas panggung, tetapi sebagian besar penampilan Anda harus direncanakan dan dipraktikkan dengan baik. Untuk memastikan semuanya berjalan lancar, pastikan semuanya sudah diatur dan diuji dulu sebelum acara. Jangan lupa membawa catatan daftar pengumuman yang perlu disampaikan dan kontak yang harus dihubungi jika terjadi masalah teknis atau darurat medis.

3. Kesan Pertama yang Kuat

Memang benar bahwa kesan pertama dapat membuat Anda semakin dipuja atau justru menghancurkan Anda. Beberapa menit pertama penampilan Anda akan menentukan sisa penampilan Anda sepanjang acara. Jika Anda memulai dengan menggumam, gelisah, dan membuat candaan yang canggung, hanya akan menimbulkan suasana  yang tidak nyaman selama sisa acara. Anda harus tampil percaya diri dengan naskah yang menarik.

Baca Juga : Pantangan Sebelum Presentasi

4. Perkenalkan Diri Anda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun