Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tips Menjadi Motivator Profesional

27 Januari 2021   15:45 Diperbarui: 27 Januari 2021   15:51 60 2 0 Mohon Tunggu...

Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | Coach Pertarungan tinju termahal mempertemukan juara dunia Mayweather dengan McGregor yang sejatinya adalah jagoan MMA ( Mixed Martial Arts) dengan jumlah penonton lebih dari 14.000 orang dengan harga tiket VIP $ 10.000 dan harga tiket termurah $500, tentunya harapan besar muncul dalam benak para penggemar tinju untuk dapat menyaksikan tayangan yang wow.

Hasil yang mengecewakan untuk McGregor setelah pertarungan dihentikan dironde 10 dan Mayweather di nyatakan menang TKO. Tercatat McGregor hanya dapat memenangkan 4 dari 9 ronde sebelum di hentikan wasit. Bertarung di arena yang berbeda adalah salah satu faktor kekalahan dari McGregor. Hal ini mungkin juga akan dialami oleh Mayweather jika bertarung di arena MMA.

Keinginan untuk tampil di semua "arena" seminar juga menggoda para Motivator atau Trainer. Ada banyak tewaran seminar terpaksa saya tolak karena bukan "arena" saya. Staf saya pernah kena "semprot" karena menerima topik yang diluar program kantor.

Saya bisa saya belajar untuk bermain di "arena" yang baru, akan tetapi belum tentu dapat "memenangkan" hati audiens, karena tidak mudah untuk menjadi juara di beberapa bidang sekaligus. Berikut ini tiga cara untuk menjadi juara :

1.Putuskan menguasai satu bidang
Banyak Trainer atau Motivator yang galau karena bingung dalam memilih topik seminar mereka. Atau juga ada beberapa Motivator yang menjadi laron dimana ada cahaya mereka berbondong-bondong kesana. Mereka kesulitan menentukan spesifikasi mereka. Pengalaman saya, Motivator jenis ini akan hilang ditelan waktu karena mereka tidak memiliki karakter dan komitmen terhadapan sebuah bidang.

2. Belajarlah dari Ahlinya
Setelah anda memustukan menguasai satu bidang, anda harus menemukan pakar atau ahli dibidang tersebut dan tentunya belajarlah darinya. Belajar dari ahlinya akan mempercepat langkah anda menuju sukses

3. Asah hingga mahir
Dan terakhir adalah jam terbang. Tidak ada yang dapat mengalahkan seseorang yang berpengalaman. Rutinlah berlatih untuk mendapatkan pengalaman dari topik yang anda ajarkan.

Semoga bermanfaat !

Demikian saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Penulis Buku Best Seller
Founder Public Speaking Academy

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x