Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pembicara Seminar | Book Writer | Public Speaker Trainer | NLP Trainer

Selanjutnya

Tutup

Money

Menyusun Skenario Presentasi ala Setnov

17 November 2017   16:21 Diperbarui: 17 November 2017   16:33 1006
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Motivator | Motivator Indonesia |  Tidak banyak orang yang memiliki keberanian untuk mangkir dari panggilan KPK berkali -- kali, tanpa melarikan diri. Untuk lolos dari panggilan ini, tentunya anda harus menciptakan sebuah scenario yang "cantik", setengah masuk akal dan dapat di pertanggung jawabkan.

Setnov adalah salah satu dari pemberani tersebut. Setelah muncul dengan cerita terbaring lemah di Rumah Sakit, lalu kemudian "tiba-tiba" sehat, saat ini, ia muncul dengan cerita kecelakaan mobil parah dan perlu perawatan intensif di Rumah sakit. Efek dramatisasi menyengat tercium disana. Drama Setnov langsung memenuhi layar TV dan status di sosmed mayoritas masyarakat Indonesia dan harusnya rating drama ini dapat mengalahkan drama korea.

Dalam membawakan presentasi anda perlu memasukan unsur cerita yang di dramatisasi agar "melekat" dalam benak pendengar anda. Berikut ini tiga aspek yang perlu untuk di dramatisasi :

1. Karakter Tokoh

Hidupkan karakter tokoh yang anda ceritakan

"Saya bertemu dengan salah satu teman saya" rubah menjadi "Saya bertemu dengan Jon, sahabat baik saya saat kuliah. Jon, seorang pria dengan tinggi 170, berpostur tegap dan penampilan rapi "

2. Alur cerita

Berikan bumbu penyedap untuk melengkapi cerita anda

"Dulu saya bukanlah orang yang berani berbicara di depan umum. Saya takut untuk melakukan hal itu"

"10 tahun yang lalu, saya bukanlah orang memiliki nyali tebal untuk dapat berdiri dan berbicara dihadapan orang lain. Lutut saya gemetar, wajah mulai membiru dan jantung terasa mau lepas. Belum lagi keringat dingin yang meluncur deras dari wajah saya"

Saya menceritakan atau mendramatisasi ketakutan yang di alami

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun