Mohon tunggu...
one yume
one yume Mohon Tunggu... For a Business

Akun yang digunakan untuk mengupload berbagai macam pengetahuan di dunia ini, jadi tetap staytune ya gaes!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Budidaya Jamur Tiram Buat Pemula

9 Agustus 2020   23:06 Diperbarui: 9 Agustus 2020   23:01 12 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Budidaya Jamur Tiram Buat Pemula
Sumber Gambar : https://pixabay.com/id/photos/jamur-tiram-botol-2641554/ 

Budidaya Jamur Tiram - Jamur tiram Atau yang kerap disebut Pleurotus sp. tergolong didalam jamur yang bisa dikonsumsi. Jamur ini dikenal sebab miliki rasa yang sedap dan persentase gizinya yang tinggi. Dinamakan jamur tiram sebab bentuknya yang menyerupai cangkang tiram. Dalam budidaya jamur tiram, diperlukan beberapa satu} cara persiapan pada lain buat persiapan lokasi, buat persiapan bibit jamur, buat persiapan media tumbuh, dan layanan perawatan yang lain.

Budidaya jamur tiram tidak membutuhkan teknologi tinggi agar lumayan simpel dan bisa ditunaikan sendiri oleh pemula. Jamur tiram putih kini tambah terkenal di Indonesia. Investasi tidak mahal bersama dengan hasil menjanjikan memicu jamur tiram putih layak dijadikan lahan bisnis. Jika Anda tertarik untuk memulai budidaya jamur tiram putih, selanjutnya kita sajikan bagian demi bagian cara budidaya jamur tiram untuk pemula yang udah kita buktikan.

Budidaya Jamur Tiram Nasa

Tentu saja perihal ini menjadi sebuah kasus yang lumayan krusial. Sebab didalam budifaya jamur merang cost yang hatis dikeluarkan tidaklah sedikit. Sehingga jika produktifitas panen tidak sesuai bersama dengan harapan maka pasti petani akan mengalami kerugian. Dilain perihal memproses yang tidak maksimalnakn memicu stok jamur tiram dipasaran tambah berkurang. Alhasil harga akan melonjak dan memicu daya membeli penduduk terhadap komoditas ini akan menurun. Hal ini pasti bisa mengundang kekhawatiran bagi para petani jamur tiram.

Dalam situasi yang demikian diperlukan sebuah alternatif cara atau metode yang bisa mengimbuhkan kenaikan produktifitas hasil panen. Salah satu solusinya adalah bersama dengan penggunaan produk NASA yang tetbukti bisa tingkatkan hasil panen jamur tiram. Nah, jika kamu hendak menerapkan proses dan metode ini didalam budidaya jamur tiram yang kamu jalankan maka kamu bisa perhatikan 5 cara budidaya jamur tiram bersama dengan nasa paling jitu selanjutnya ini :

Persiapan Kumbung Jamur

Tahapan awal didalam budidaya jamur tiram pasti buat persiapan lokasi budidaya sebagimana terhitung cara budidaya jamur tiram bersama dengan serbuk gergaji . Dalam perihal ini budidaya ditunaikan didalam rimah jamur yang biasa dikenal bersama dengan makna kumbung.

Kumbung jamur merupakan sebuah bangunan yang nantinya akan dipakai didalam perawatan dan pemeliharaan jamur sampai jamur siap di panen. Bangunan yang digunakan bisa bersifat bangunan bekas atau terhitung bangunan simpel semi permanen, agar proses pembuatannya akan menelan cost yang lebih murah. Idealnya kumbung jamur yang baik digunakan didalam budidaya haruslah miliki unsur unsur pada lain sebagaj selanjutnya :

  • *Kumbung merupakan bangunan bersama dengan luas ideal 55 meter bersama dengan tinggi bangunan 3 meter.
  • *Kumbung perlu dekat bersama dengan sumber air, agar proses pemeliharaan dan perawatan terutama penyiraman bisa ditunaikan bersama dengan lebih mudah.
  • *Kumbung ditambah bersama dengan jendela yang bisa diakses tutup secara otomatis agar pertukaran hawa bisa ditunaikan bersama dengan baik dan juga terhitung kelembapan di didalam kumbung bisa selamanya terjaga.
  • *Lantai kumbung bisa bersifat lantai tanah atau semen, tetapi lebih direkomendasikan lantai tanah.
  • *Sedangkan untuk atap sebaiknya manfaatkan atap jerami atau genteng, sebaiknya jangan manfaatkan atap seng sebab akan panas.
  • *Didalam kumbung terhitung perlu ditambah bersama dengan rak yang nantinya akan di letakkan baglog.
  • *Rak bisa dibikin dari bambu bersama dengan dua sampai tiga tingkatan, tinggi maksimal rak berkisar 2 meter, agar memudahkan proses peletakan dan pemanenan baglog.
  • *Kumbung selamanya dibersihkan setiap hari, dan pastikan sebelum saat baglog dimasukkan kedalam kumbung, perlu didalam situasi bersih.

Pembuatan Baglog

Tahapan setelah itu berlanjut bersama dengan pembuatan baglog. Baglog sendiri merupakan media tanam yang digunakan didalam budidaya jamur tiram layaknya terhadap cara budidaya jamur tiram f1 .

Pada umumnya media yang digunakan bersal dari serbuk gergaji yang ditambahkan bersama dengan bekatul, kapur, dan terhitung biji bijian layaknya jagung, gandum atau padi. Tahapan pembuatan baglog terhitung relatif mirip bersama dengan pembuaytan baglog jamur terhadap umumnya, agar lebih tahu selanjutnya uraiannya :

  • *Persiapkan bahan bahan bersama dengan komposisi serbuk kayu (75-80%), bekatul (10-15%), biji bijian (2-5%), kapur (2-5%).
  • *Serbuk kayu dan bekatul diayak sampai anggota yang halus yang diambil.
  • *Setelah itu lantas seluruh bahan di campur dan diaduk sampai merata lantas ditambahkan air sampai kadarnya capai 80-85%.
  • *Hal paling enteng untuk mengetahuinya adalah bersama dengan mengenggam adonan baglog, jika tidak buyar maka udah pas, jika buyar maka bisa ditambahkan air kembali jangan sampai air keluar dan adonan becek.
  • *Setelah itu, lantas masukkan adonan kedalam kantong plastik PP tahan panas kapasitas 1 kilo.
  • *Isikan sampai baglog padat, jika tersedia manfaatkan alat pengepres tetapi jika tidak tersedia manual saja.
  • *Setelah itu, lantas bahlog perlu di sterilisasi perihal ini merupakan usaha untuk mematikan jamur liar atau terhitung bakteri penyebab kontaminasi.
  • *Sterilisasi ditunaikan bersama dengan cara baglog dikukus selama 7-8 jam bersama dengan api konstan.
  • *Setelah itu, lantas biarkan dingin baru lantas baglog di masukkan kedalam ruang spesifik ruang tanam.

Inokulasi dan Inkubasi

Inokulasi merupakan tahapan penanaman bibit jamur kedalam baglog. Penanaman ini ditunaikan didalam ruangan yang steril, perihal ini sebab untuk menjauhkan kontaminasi yang bisa memicu kegagalan didalam budidaya sebagaimana terhadap cara budidaya jamur merang media serbuk kayu .

Perawatan dan Pemeliharaan

Pemeliharaan dan perawatan merupakan elemen yang mutlak didalam budidaya jamur tiram. Khusus untuk budidaya jamur tiram bersama dengan nasa layaknya terhadap cara budidaya jamur merang alami , selain perawayan layaknya penyiraman dan penanggulangan hama dan penyakit terdapat perihal   lain yang haris dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN