Mohon tunggu...
One Village One CEO
One Village One CEO Mohon Tunggu... Editor - Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB

Program Inovasi Pengembangan Bisnis Perdesaan Berbasis pada Produk Unggulan Desa (Prukades) yang Berorientasi Ekspor

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pesta Rakyat Sukabumi Jadi Ajang Kreativitas dan Inovasi UMKM

29 September 2022   19:12 Diperbarui: 29 September 2022   19:54 38 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi menggelar acara pesta rakyat dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Sukabumi ke-152, Rabu (13/9/2022). Pesta rakyat ini dihadiri oleh wakil bupati Kabupaten Sukabumi, Iyos Sumantri. Dalam sambutannya beliau mengatakan pesta rakyat ini merupakan momentum dan waktu yang tepat bagi UMKM untuk bangkit dalam berinovasi dan mengembangkan kreativitasnya. Wabup pun menjelaskan bahwa kolaborasi antar UMKM sangat dibutuhkan untuk mendorong produktivitas dan integritas seluruh elemen masyarakat. 

Kelompok 54 OVOC IPB University berkesempatan menghadiri pesta rakyat untuk memenuhi undangan dari perwakilan Badan Penyuluhan Pertanian (BPP), M. Ade Supriyatna, SP. 

Kang Ade mengatakan peran mahasiswa sangat dibutuhkan dalam membimbing kreativitas dan menciptakan kolaborasi bersama petani dan pelaku UMKM. 

"Mahasiswa harus membantu petani dan pelaku UMKM menjadi lebih sejahtera serta mendapat imbalan sesuai kinerja dan usahanya" ungkapnya. 

Pesta rakyat kali ini menampilkan beberapa produk inovasi dari UMKM yang ada di Kecamatan Cikembar. Produk inovasi tersebut terdiri dari produk olahan makanan seperti aneka kue dan bolu lalu produk kerajinan tangan seperti sandal dan ornamen.

Salah satu UMKM yang menarik perhatian adalah Slamet Quail Farm yang dicetus oleh salah satu Alumni IPB, Slamet Wuryadi. Slamet Quail Farm merupakan salah satu produsen telur puyuh terbesar di Indonesia dengan hasil produksi sebesar 300.000 butir telur sehari. Selain itu Slamet Quail Farm juga memproduksi beberapa produk olahan telur puyuh seperti nugget, sosis dan ekado puyuh. Salah satu staf Slamet Quail Farm Pramujiono mengatakan bahwa peluang dan potensi burung puyuh di Indonesia masih sangat terbuka lebar.  

(Dokpri)
(Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan