Mohon tunggu...
One Village One CEO
One Village One CEO Mohon Tunggu... Editor - Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB

Program Inovasi Pengembangan Bisnis Perdesaan Berbasis pada Produk Unggulan Desa (Prukades) yang Berorientasi Ekspor

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bersama Kades Sumbersar, Tim OVOC 2022 Bahas Potensi Komoditas Nanas di Kecamatan Nglengok, Blitar

21 September 2022   18:24 Diperbarui: 21 September 2022   18:27 19 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tim One Village One CEO IPB University dengan pihak petani dan kepala desa dari Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) (9/12). Adapun kegiatan ini mengangkat tajuk yaitu "Identifikasi Produk Unggulan di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok".

Acara ini berlangsung di Kantor Desa Sumberasri yang dihadiri oleh Pak Seniadi selaku Kepala Desa Sumberasri dan Pak Ponidi sebagai pelaku usaha nanas di desa tersebut di Desa Sumberasri kami membahas potensi produk tersebut yaitu buah nanas pada sesi wawancara kami bertanya bagaimana produksi nanas di desa tersebut, apa produk olahannya, berapa banyak kapasistas produk nanas yang dihasilkan, target pasarnya, dan apakah sudah siap ekspor.  

"Untuk produksi nanas kami sudah cukup stabil karena mayoritas penduduk Desa Sumberasri ini kebanyakan petani nanas , untuk produk olahannya kami memiliki kendala pada alat untuk produk olahannya dikarenakan biaya yang mahal dan beberapa bulan yang lalu ada pelatihan produk olahan pada ibu-ibu PKK akan tetapi tidak berjalan , untuk target pasar kami sudah bisa menjualnya lewat para tengkulak untuk dibeli di perkotaan akan tetapi masih belum bisa menjual sampai lintas provinsi". ujar pelaku usaha nanas, Pak Ponidi. 

Adapun tujuan diadakannya FGD ini yaitu sebagai wadah memperkenalkan program One Village One CEO 2022 kepada masyarakat dan memperkenalkan kondisi dari desa kepada para peserta OVOC. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi tempat diskusi antara kelompok masyarakat, BUMDES, BUMDESma, dan para pelaku UMKM sekitar. 

Kegiatan ini diharapkan mampu membuat kita saling mengenal dengan warga desa dan mempererat silaturahmi satu lain. Selain itu, dengan diadakannya FGD ini, kita dapat mengetahui potensi unggulan yang ada di masing-masing desa beserta permasalahannya. Sehingga kedepannya kita dapat berkolaborasi bersama untuk mencari jalan keluar atas permasalahan tersebut dan mengembangkan apa yg sudah ada dan semoga produk unggulan yang sudah menjadi produk olahan atau turunan bisa bersaing dalam skala global.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan