Mohon tunggu...
Riza
Riza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya senang membaca diskusi bermain catur dan bermain badminto

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Independensi HMI Menjelang Pemilu

1 Oktober 2022   01:03 Diperbarui: 1 Oktober 2022   01:07 213 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia, dan memiliki anggota yang tersebar seluruh Indonesia. Dengan jumlah anggota yang banyak HMI sering kali di manfaatkan dalam ajang kampanye politik oleh elite politik, dan juga senior yang tergabung dalam korps alumni HMI (KAHMI) yang berkarir dalam dunia politik

Pemilihan Umum (PEMILU) serentak 2024 telah dikumandangkan, para elite politik berlomba-lomba mencari nama, tiket agar bisa maju di perhelatan pemilu nantinya. 

HMI yang berfungi sebagai organisasi kemahasiswaan harus lebih memperketat Independensinya. Bahwa HMI bukanlah organisasi sayap politik Agar HMI tidak disalah fungsikan oleh politikus.

Watak independen HMI  adalah sifat organisasi secara etis merupaka karakter kader HMI, implemntasinya harus terwujud dalam setiap pola hidup kadernya. 

Dalam kehidupan setiap kader pada hakekatnya merupakan sifat yang sesuai pada kemanuasiaan yaitu hanief , dimana setiap kader HMI dalam menentukan pilihannya harus mendengar kata hatinya. Namun independensi ini masih belum terterapkan pada setiap kader HMI sebab masih banyak kader yang terlibat langsung dalam kontestasi politik atas instruksi 'kanda'nya.

Dalam negara demokrasi seperti Indonesia maka harus dilakukukan pemilu untuk pemilihan kepalanegara dan pemerintahan. Pemilu sendiri merupakan agenda politis yang mebutuhkan partisipasi dari masyarakat (konstituen), sejalan dengan tujuan HMI yaitu: "terbinanya Insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan islam dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah SWT" maka sebagai organisai yang terjun kemasyarakat HMI harus andil dalam pemilu,  Namun hanya sebatas konstituen bukan peserta pemilu

Sebagai konstituen kader HMI cukup memilih pemimpin menurut pilihan masing-masing tanpa intervensi dari pihak manapun. Sebab HMI bokanlah organisasi politik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan