Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Tren Wisata Perpustakaan dan Pengalaman Mengunjungi Sainte-Genevieve Library di Paris

19 Mei 2022   12:36 Diperbarui: 20 Mei 2022   09:44 815 26 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Spot fotogenic di Library@Orcard | Sumber gambar dari timeout.com

Beberapa kawan, sengaja datang ke Orchard, Singapura bukan untuk berbelanja. Namun untuk mendatangi Library@Orchard yang dari namanya pun sudah diketahui jika itu adalah sebuah perpustakaan.

"Hah liburan kok ke perpustakaan?"

Nggak apa-apa banget! Bagi yang doyan baca, pasti penasaran dengan atmosfer perpustakaan di negara lain, kan! apalagi jika perpustakaan di negara maju. Biar bisa sekalian ngebandingin dengan perpustakaan yang ada di Indonesia.

Walaupun, yeah, mungkin sebagian lagi akan nyinyir sebab datang ke sana sekadar foto-foto doang. Tapi itu pun nggak apa-apa menurut saya. Selama dilakukan dengan tertib, tidak menyalahi aturan di sana dan tidak mengganggu pengunjung lain, ya monggo saja.

Keadaan di dalam Library@Orchard | Sumber gambar https://www.psd.gov.sg/
Keadaan di dalam Library@Orchard | Sumber gambar https://www.psd.gov.sg/

Saya sih belum pernah ke Library@Orchard, tapi kalau berkesempatan ke Singapura lagi, saya akan masukkan kunjungan ke sana sebagai salah satu agenda utama.

MENDATANGI PERPUSTAKAAN DAERAH

Saat SMP, selain ikutan Paskibra, saya tergabung dalam ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Ya ampun, kesannya sok iyes banget ya berani ikutan ekskul beginian. Tapi, namanya juga masih muda. Rasa penasaran begitu tinggi. Dari nama ekskul yang keren itu, saya dan kawan dibimbing untuk berani menciptakan sebuah karya.

"Hayo, cari ide dan bikin sesuatu!" ujar Pak Edy Mas, guru pembimbing kami saat itu.

Jelas saja kami bingung mau bikin apa. Satu yang pasti, Pak Edy menginformasikan kepada kami bahwa ide dapat ditemukan dari buku. Dan, karena perpustakaan sekolah tak cukup banyak ragam bacaan yang sesuai, kami diarahkan untuk mendatangi perpustakaan daerah.

Perpustakaan Provinsi Sumatra Selatan ini berada cukup jauh dari tempat tinggal kami. Untuk menuju ke sana, setidaknya kami harus berganti kendaraan umum dua kali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan