Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Teka-teki Pembunuhan Profesor Kampus Hukum dalam Serial "Law School"

14 Oktober 2021   16:08 Diperbarui: 14 Oktober 2021   16:19 158 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Law School. Source image mydramalist.com

Seo Byung-Ju (Ahn Nae-Sang) adalah salah satu profesor dan juga pengajar senior di Universitas Hukum Hankuk. Dia berjasa terhadap kampus, salah satunya berhasil menghimpun dana dan "menyulap" salah satu ruangan kampus menjadi ruang persidangan selaik ruang persidangan aslinya. Harapannya, dengan adanya ruang persidangan itu, para mahasiswa dapat melakukan simulasi sidang perkara.

Naasnya, di sela simulasi sidang yang dilakukan para murid, Byung-Ju ditemukan tewas di ruang kerjanya. Dia ditemukan salah satu muridnya dalam kondisi mulut berbusa. Di atas meja, terlihat sebuah gelas minuman. Sepertinya Byung-Ju tewas diracun.

Kampus gempar. Semua orang tak habis pikir sebuah pembunuhan terjadi di tempat di mana hukum diajarkan. Polisi mulai menyelidiki kasus tersebut hingga beberapa nama yang diduga menjadi dalang kejadian ini didapatkan. Pada akhirnya, dikarenakan alat bukti yang ditemukan, Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min) yang ditetapkan sebagai tersangka. Jong-Hoon tak lain ialah profesor muda dan staf pengajar di Kampus Hankuk.

Namun, benarkah dia pelakunya?

Jong-Hoon tipe pengajar yang nyentrik. Nggak semua orang suka padanya. Dalam mengajar, dia juga tegas dan kadang memberlakukan peraturan dan cara belajar yang menyulitkan siswa. Tak terkecuali dua murid paling pintar yakni Han Joon-Hwi (Kim Beom) dan Kang Sol B (Lee Soo-Kyung).

Joon-Hwi. Source image: voi.id
Joon-Hwi. Source image: voi.id

Tak terima dituduh sebagai tersangka, Jong-Hoon ikutan melalukan penyelidikan dengan dibantu oleh pengacaranya. Kemudian didapati bahwa Joon-Hwi juga memiliki motif. Walaupun Byung-Ju adalah pamannya sendiri, ada kemungkinan dia membunuh karena alasan tertentu. Sol B pun demikian, mahasiswi cerdas ini tersandung kasus plagiat di mana hasil karya ilmiah yang ia ikutkan dalam satu kompetisi sama terdapat banyak kemiripan dengan tesis yang dibuat oleh profesor Byung-Ju.

Beberapa siswa lain yang kebetulan berada di lokasi dan memiliki motif untuk membunuh pun dicurigai. Polisi bahkan kebingungan dan hingga waktu yang ditentukan lewat, polisi tidak dapat memastikan siapa pembunuh sebenarnya maka profesor Joon-Hoon harus dibebaskan. Hanya saja, dia dimintai wajib lapor selama proses penyelidikan berlangsung dan dia juga dibebastugaskan dari mengajar sementara waktu.

Selama kasus pembunuhan profesor Byung-Ju diselidiki, berjalan pula kasus-kasus lain yang melibatkan Kampus Hukum Hankuk. Misalnya saja kasus pelecehan dan kekerasan seksual yang dialami salah satu murid yakni Jeon Ye-Seul (Ko Yoon-Jung), atau kasus kematian ayah dari murid lainnya -Seo Ji-Ho (David Lee).

Jadi, sepanjang drama berjumlah 16 episode ini, saya disuguhi dengan berbagai sidang hukum beberapa kasus yang lumayan berat. Salah satu tokoh kunci lainnya yang ada di drama ini ialah Kang Sol A (Ryoo Hye-Young), mahasiswi dengan kemampuan biasa-biasa saja, namun memiliki tekad belajar yang tinggi. Kelak, Sol A akan menjadi kunci dari beberapa kasus sekaligus yang melibatkan orang-orang yang ada di sana.

JURI HUKUM DARI WARGA BIASA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hiburan Selengkapnya
Lihat Hiburan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan