Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Kurma Artikel Utama

Cerpen: Uring-uringan Sarung ala Pak Manto

14 Mei 2020   10:51 Diperbarui: 14 Mei 2020   16:03 1440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sarung yang biasa digunakan pria. Sumber brilio.net

"Ya tetap ndak pamer lo," protes Pak Manto.

"Ah terserahlah, yang jelas saya ndak suka lihat bapak ikutan-ikutan pamer kayak gitu. Kasihan liat Mang Udin atau Yai Najib yang pakai sarungnya itu-itu aja. Itupun sarungnya nggak ada mereknya," ujar Bu Ijah sambil meninggalkan suaminya yang tetap bersikap seolah tak ada yang salah.

Selang beberapa bulan kemudian, kampung Naga Pesolek (omong-omong ini dinamakan demikian konon di danau pinggiran kampung ada naga yang sering numpang mandi), dihebohkan dengan tampilan Pak Manto yang tiba-tiba tak lagi menggunakan sarung.

"Pak kok nggak sarungan lagi?" tanya Mpok Lehak saking penasarannya. Pak Manto, orang yang ditanya cuma nyengir aja. Dia nggak menjawab apapun selain tertawa ringan. Saat nongkrong di pos ronda bareng bapak-bapak lain dan dibecandain, "wah udah kering bekas sunatnya ya, Pak" saja, Pak Manto Cuma nyengir.

"Bentar lagi bakalan bangkrut nih warungnya," bisik-bisik warga yang sejak awal memang iri hati.

Eh, selang jalan beberapa bulan, ternyata warung Pak Manto tetap ramai saja dan ternyata itu tidak ada pengaruhnya dari perubahan cara berpakaian beliau. Lantas, apa sih yang membuat Pak Manto tiba-tiba mengubah cara berpakaian yang sudah menjadi ciri khasnya sejak lama?

Sarung berbahan sutra yang harganya bisa mencapai 1 juta. Sumber bukalapak.com
Sarung berbahan sutra yang harganya bisa mencapai 1 juta. Sumber bukalapak.com
Ternyata, disebabkan oleh Vito, cucu pertamanya yang berusia 4 tahun yang suatu hari saat mengunjungi beliau di kampung, ada satu momen saat Pak Manto sehabis mandi dan hanya sarungan, Vito secara spontan masuk ke dalam sarung dan bersembunyi di sana.

Bocah ini seketika menjerit hebat dan menghebohkan seisi rumah. "Mama, ada ulat bulu gerak-gerak di dalam sarung kakek!"

Ternyata, kejadian itu sangat mempermalukan dirinya. Jika selama ini ledekan warga kampung tak menggoyahkan pendiriannya, Pak Manto kini menyerah dihadapan cucu pertamanya. Apalagi pasca kejadian itu butuh waktu lama bagi Vito agar mau didekati oleh beliau.

Kejadian ini bikin hatinya uring-uringan. Lama tak bertemu cucu, eh begitu datang ada kejadian tak mengenakkan seperti itu. Sejak malam itu, Pak Manto mulai memakai lagi celana panjang yang lama tersimpan di dalam lemari.

Demi kebersamaan dengan sang cucu, beliau akhirnya dengan drastis mengubah kebiasaan lama mengenakan sarung. Sesekali saja saat ke masjid Pak Manto mengenakannya. Tapi, untuk aktifitas sehari-hari, sudah tidak lagi. Terutama jika sang cucu datang berkunjung, semua sarung yang dia miliki harus dimuseumkan sementara waktu. Hoho, Pak Manto.... Pak Manto.

Dok Kompal
Dok Kompal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun