Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @Omnduut

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

07W, Olahraga Ringan Menjelang Berbuka Puasa

10 Mei 2020   13:47 Diperbarui: 10 Mei 2020   13:43 92 10 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
07W, Olahraga Ringan Menjelang Berbuka Puasa
Plank. Source ummu.id

07W adalah singkatan dari OCD 7 Minutes Workout. OCD sendiri ada kepanjangannya yakni Obsessive Corbuzier's Diet. Yup, sesuai namanya, ini adalah jenis diet yang diprakarsai oleh Deddy Corbuzier yang ngehist beberapa tahun lalu. Saya sendiri sempat menjalankan diet jenis ini. Dan, berat badan saya memang berkurang.

Namun, seiring kesibukan dan godaan hehe, saya mulai meninggalkan diet ini. Walau begitu, saya tetap rajin berolahraga dan menjaga asupan makan agar tak mudah kembali ke berat badan sebelumnya. 

Sekarang, berat badan saya stabil di angka 80 kg dari yang sebelumnya 96 kg. Yes, berkat olahraga dan diet-yang-nggak-ketat haha, saya berhasil mengikis 16 kg lemak. Target saya bisa menyusutkan 7 kg lagi karena 73 kg adalah angka ideal berat badan saya dengan tinggi 177 cm ini.

Selama Ramadan, nggak setiap hari memang saya berolahraga. Namun, jikapun disempatkan, saya biasa melakukan 07W ini. Gerakannya sederhana namun jika dilakukan dengan betul maka efek ke tubuh lumayan banget.

Ada 12 gerakan yang harus dilakukan selama masing-masing 30 detik. Nah, gak lama kan 30 detik itu! Walaupun kalau awal-awal sih pasti bikin ngap juga ya hwhwhw. Dari satu gerakan ke gerakan lain kasih jeda 10 sd 20 detik dan langsung lanjut ke gerakan lainnya. Adapun gerakannya yakni:

Jumping Jacks

Ini adalah salah satu gerakan yang paling mudah saya lakukan. Caranya, lebarkan kaki dan berdiri tegak. Lalu, melompat dengan mengangkat kedua tangan ke atas. Sederhana sih. Tapi lumayan bikin ngos-ngosan. Ini gerakan yang umum dilakukan saat senam.

Wall Sit

Gerakan ini sekilas nampak nggak penting. Tapi, begitu dicoba baru deh terasa kesulitannya. Caranya, cukup posisikan tubuh berdiri dengan punggung menempel di dinding. 

Lalu, turunkan punggung dengan posisi seolah-olah sedang duduk di kursi yang "melayang". Kalau melakukan gerakan ini, biasanya betis dan paha langsung kencang lol.

Push up ala-ala. Dokpri.
Push up ala-ala. Dokpri.
Push Up

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN