Mohon tunggu...
Nanang B Setiawan
Nanang B Setiawan Mohon Tunggu... Lainnya - nikmati yang tersaji jangan pelit berbagi

☆mantan banker yang pengin bertani☆

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Jurus Jitu Menyewakan Properti Rumah

1 Februari 2023   08:44 Diperbarui: 1 Februari 2023   08:52 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi/jusrus jitu menyewakan properti rumah (source: dream.co.id)

Jurus Jitu Menyewakan Properti Rumahsalah satu tujuan membeli rumah sebagai investasi jangka panjang dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara rumah disewakan sebelum pada akhirnya di waktu yang tepat akan dijual kembali dengan harapan nilai jualnya jauh diatas harga beli.

Keuntungan yang di dapat yaitu dari penghasilan sewa dan capital gain properti rumah.

Menyewakan Aset Properti Rumah

Aset properti rumah tapak relatif banyak yang mencari baik dalam rangka disewa maupun dipindah tangankan/diperjualbelikan.

Ketika aset rumah tapak sebagai investasi jangka panjang sebelum laku terjual akan disewakan, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian,

Cek Kondisi Rumah Sebelum DiSewakan,

Lakukan ceklist atas perabot dan kondisi rumah, jika terdapat beberapa perbaikan segera dilakukan. Ketika rumah yang akan disewakan dalam kondisi ready for use setidaknya akan membuat calon penyewa tertarik untuk meneruskan transaksi sewa menyewanya.

Pasang Iklan,

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar rumah segera laku untuk disewa. Melalui agen broker propert, melalui media online maupun dengan cara yang paling sederhana dengan menempel kertas iklan bahwa rumah disewakan.

Pilih Penyewa Yang Tepat,

Langkah selanjutnya dengan melakukan cek profil calon penyewa, minta nomor kontak yang masih aktif, bila perlu dengan sedikit modus minta sosial medianya, sambil ngobrol bawa pembicaraan berkisar tentang riwayat dan latar pekerjaan.

Kenapa hal tersebut penting, guna mencegah terjadinya keadaan manis di depan pahit di belakang, untuk menghindari hal-hal yang kerap terjadi seperti penyewa yang jorok sehingga rumah menjadi tidak terawat/rusak, yang lalai dalam membayar kewajiban bulanan seperti dengan listrik, air, gas, iuran lingkungan (sampah, kebersihan, keamanan), bahkan ada juga yang kabur dengan meninggalkan sejumlah tunggakan iuran bulanan, ada juga yang menyewakan kembali rumah kepada orang lain.  

Cermat Dalam Menentukan Harga Sewa,

Jangan jadikan harga sewa rumah lingkungan sekitar menjadi satu-satunya dalam menentukan harga sewa.

Baca juga: Pelaku Bisnis

Pertimbangkan sebelum merelease harga sewa rumah, fasilitas yang ada seperti tandon air bawah dan atas, berapa lantai, ketersediaan air pdam maupun air sumur bor, jaringan telkom/wifi, ketersediaan pipa gas pgn, kondisi bangunan, apakah berada di dalam lingkungan cluster,  dekat dengan fasilitas publik dan lain sebagainya.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun