Mohon tunggu...
Omjay Labschool
Omjay Labschool Mohon Tunggu... guru blogger indonesia

Blogger Handal di Era Global wa 08159155515

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menjadi Pengawas PTS

28 Februari 2020   08:53 Diperbarui: 28 Februari 2020   08:49 20 1 1 Mohon Tunggu...

Sudah beberapa hari ini omjay menjadi pengawas pts di smp Labschool Jakarta. Pts adalah singkatan dari penilaian tengah semester. Sekolah kami rutin menyelenggarakannya.

Menjadi pengawas pts kadang bete. Selama dua jam kita diminta mengawasi siswa mengerjalan soal soal pts. Kita tak boleh lengah memperhatikan mereka. Walaupun kita yakin mereka sudah mengerjakannya dengan jujur.

Hari ini saya mengawas di ruang 14 yang berasa di kelas 8F SMP Labschool jakarta. Posisinya yerletak di lantai 2 gedung sekolah. Kita melewati tangga utama bila ingin ke kelas ini.

Sebelum mengawas kepala sekolah dan wakil kepala sekolah memberikan arahannya. Juga panitia pts yang kali ini dipimpin oleh pak Amidi Ulani. Guru bahasa inggris di sekolah kami. Beliau dulu sama sama aktivis hmi sewaktu kuliah di ikip jakarta bersama omjay.

Menjadi pengawas pts ada suka dan dukanya. Sukanya adalah kita senang dapat mengawasi anak anak mengerjakan soal soalnya. Apalagi bila mereka mengerjakannya dengan tertib dan tdk menyontek sama temannya.

Dukanya adalah bila kita mengawas sendirian. Kita ingin ke toilet harus ditahan dulu sampai bantuan dari panitia pts datang. Juga saat pengumpulan lembar jawaba soal agak lama karena sendirian.

Pts kali ini kurang berjalan sesuai waktunya karena hari selasa sekolah kami kebanjiran. Jadi sekolah diliburkan oleh pimpinan sekolah. Selain itu banyak juga guru yang rumahnya kebanjiran. Termasuk rumah omjay swndiri.

Sekarang saya mengawas sendiri. Tapi untunglah ada bu nisa yang datang menemani sehingga saya bisa belajar menulis di kompasiana. Sampai nanti ya!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x