Mohon tunggu...
omgundul pacul
omgundul pacul Mohon Tunggu...

S1 Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Keuntungan Berinvestasi Emas di Zaman Inflasi

6 Agustus 2014   16:34 Diperbarui: 18 Juni 2015   04:17 476 0 1 Mohon Tunggu...

Keuntungan Berinvestasi Emas

Tahukah Anda emas memiliki nilai yang cukup tinggi? Ada sebagian orang yang belum sadarakan keuntungan dari investasi emas. Oleh karena itu, mulai saat ini Anda harus tahu bahwa emas memberikan banyak keuntungan dalam berinvestasi.

Trading emasakan menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda jika ingin mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam berinvestasi. Seiring denganterjadinya inflasi setiap tahunnya membuat biaya kebutuhan hidup pun meningkat. Maka, investasi emas akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Emas merupakan salah satu jenis investasi yang sederhana dan tidak serumit jenis investasi lainnya. Nilai emas yang selalu tinggi membuat banyak orang lebih memilih menginvestasikan dana yang mereka miliki untuk membeli emas. Dengan berinvestasi emas, Anda tidak perlu khawatir dengan masa depan Anda nantinya. Karena nilai emas akan terus meningkat dari waktu kewaktu.

Emas merupakan cadangan devisa bagi suatu Negara, pengganti nilai mata uang ketika Anda memerlukan dana yang lebih besar nantinya. Selain berfungsi sebagai perhiasan yang kerap kali digunakan wanita, emas juga dapat digunakan sebagai keperluan industry. Setidaknya emas akan membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Beberapa manfaat berinvestasi emas adalah emas dapat melindungi kekayaan karena emas selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya meskipun tidak menutup kemungkinan akan terjadinya penurunan. Emas juga tahan terhadap korosi sehingga tidak perlu penanganan khusus dari segi perawatan. Emas dapat dijadikan jaminan atau agunan apabila suatu saat Anda membutuhkan modal dalam keperluan usaha.

Dibandingkan dengan investasi saham, forex, reksadana atau bentuk investasi lainnya, emas merupakan salah satu jenis investasi yang sangat liqud. Apabila kita membutuhkan uang secara mendadak, emas dapat dicairkan sesegera mungkin karena sifatnya yang liquid tersebut.

Lain pula dengan investasi properti. Investasi property memang merupakan investasi yang sangat menguntungkan karena harganya yang sudah pasti meningkat dari waktu ke waktu. Dana yang Anda perlukan dalam investasi ini pun sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, dalam investasi ini, Anda tidak bisa memanfaatkannya dalam waktu mendesak. Karena butuh waktu lama untuk menjual properti yang menjadi investasi kita. Dalam bisnis properti, Anda sudah pasti akan dikenakan pajak per tahunnya.

Ketika berinvestasi emas, Anda tidak perlu khawatirakan dikenakan pajak. Berdasarkan peraturan Direktur Jendral Pajak No. 15/Pj/2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan Dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang dan Kegiatan Di Bidang Impor Atas Penyerahan Barang Dan Kegiatan Di Bidang Impor atau Kegiatan Usaha Di Bidang Lain. Berapapun banyak serta berat emas yang kita investasikan tidak akan dikenakan pajak, karena emas dikategorikan sebagai komoditi produksi.

Emas tahan terhadap laju inflasi yang selalu meningkat setiap tahunnya. Emas selalu dijadikan alat untuk melawan inflasi karena harganya yang cenderung meningkat. Apabila nilai uang terkena dampak inflasi, Anda tidak perlu khawatir karena nilai emas akan selalu stabil. Oleh karena itu, banyak investor/trader banyak yang beralih melakukan trading emas secara online.

Faktanya emas akan selalu menjadi idola banyak orang ketika terjadi krisis keuangan dalam suatu Negara, timbulnya inflasi dan lainnya. Contoh kasusnya seperti ini, Anda memiliki tabungan di bank senilai Rp. 2.000.000,-dan memiliki investasi emas 5 gram dengan asumsi nilai emas saat ini per gram Rp. 400.000,- maka nilai emas yang Anda miliki Rp. 2.000.000,-. Lalu pada 5 tahun kemudian nilai emas Anda yang sebesarRp. 2.000.000,- tadi sudah pasti meningkat seiring berjalannya waktu. Namun, ketika Anda menabung uang di bank sejumlah dengan nilai emas, sudah dipastikan nilai uang Anda menurun akibat inflasi yang terjadi. Sehingga dengan biaya kebutuhan uang Anda yang semakin meningkat, Anda hanya memiliki dana yang semakin menurun nilainnya.

Jangan salah, terjadinya inflasi malah akan memberikan manfaat yang menggiurkan. Diumpamakan seperti ini, ketika inflasi mencapai 5%, emas yang Anda investasikan nilainya bisa naik sebesar 7%. Bilainflasi 10%, maka emas bisa naik 15%. Namun, apabila inflasi 100%, emas yang ada miliki nilainya bisa mencapai 200%. Menggiurkan bukan? Oleh karena itu, mulailah berinvestasi emas.

Hal tersebut bisa terjadi karena semakin tinggi inflasi, harga emas pasti akan mengalami kenaikan. Namun harga emas akan cenderung tetap apabila laju inflasi rendah dan semakin menurun ketika inflasi mengalami penurunan. Jadi, harga emas akan semakin bagus apabila terjadi moderat inflasi atau hiper inflasi.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan trading emas, sebaiknya pejalari dulu berbagai macam bentuk kekurangan dan kelebihannya dengan memperhatikan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pialang tempat Anda melakukan trading emas. Trading emas online akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda!

Sumber:

http://centralfutures.com/keuntungan-berinvestasi-emas/

VIDEO PILIHAN