Mohon tunggu...
Olvanthio NicolasAlaric
Olvanthio NicolasAlaric Mohon Tunggu... Mahasiswa - pegawai

mahasiswa di upj

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Si Paling Insecure

12 Januari 2023   22:15 Diperbarui: 12 Januari 2023   22:19 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Si Paling Insecure

Olvanthio Nicolas Alaric

Teknik Informatika UPJ Angkatan 2022

"Insecure merupakan perasaan tidak mampu, kurang percaya diri, disertai dengan ketidakpastian dan kecemasaan akan tujuan, kemampuan maupun hubungan dengan orang lain." -Acintya Ratna Priwati

Seberapa sering kamu mengalami hal tersebut? Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa temanmu lebih hebat dari dirimu atau kamu sudah merasa yakin terhadap apa yang kamu akan lakukan di masa depan? Bagaimana kamu bisa yakin terhadap hal tersebut? Apakah kamu bisa memastikan hal tersebut? Bisa saja temanmu lebih hebat darimu karena kamu tidak memberikan yang terbaik, bahkan bisa saja kamu tidak pernah berusaha. Dan hal yang kamu pikir akan kamu lakukan di masa depan, bisa saja hanya sebuah imajinasi.

Saat masih kecil, saya kesulitan dalam bergaul dengan teman-teman karena tidak cukup percaya diri untuk memulai sebuah percakapan. Saya juga tidak yakin dengan masa depan. Ditambah lagi, saya kerap di bandingkan dengan teman-teman oleh orang tua. 

Mulai dari, "Kenapa kamu tidak bisa pintar seperti dia?" Ucap Ibu saya. Satu-satunya hal yang saya bisa lakukan adalah bermain komputer di rumah, hal itu merupakan pelarian saya setiap hari. Saya tidak pernah merasa lebih hebat dari teman-teman mulai dari kepercayaan diri mereka, kepintaran mereka, dan bagaimana mudahnya bagi mereka untuk bisa bergaul dengan orang lain. 

Sering kali saya merasa tidak semangat dan tidak percaya diri. Seolah-olah saya tidak ingin berada di dunia ini. Namun ketika saya beranjak dewasa, saya mulai berpikir bahwa semua hal itu tidak lebih dari rasa takut akan kegagalan. Saat masuk SMA kelas 1, saya berusaha sekuat mungkin untuk bisa jadi anak yang pintar dan percaya diri. Hasilnya saya meraih peringkat 3 di kelas, dan saya menyadari bahwa selama ini yang menghalangi saya adalah rasa takut yang berlebihan.

Teoretikus Abraham Maslow menyatakan bahwa 'insecure adalah suatu keadaan dimana seseorang yang merasa tidak aman, menganggap dunia sebagai sebuah hutan yang mengancam dan kebanyakan manusia berbahaya dan egois. 

Orang yang mengalami insecure umumnya merasa ditolak dan terisolasi, cemas, pesimis, tidak bahagia, merasa bersalah, tidak percaya diri, egois, dan cenderung neurotik. Mereka akan berusaha untuk mendapatkan kembali perasaan secure (aman) dengan berbagai cara'. Fakta tersebut tidak mengherankan lagi karena saya sudah pernah mengalaminya. Saya juga yakin bahwa banyak anak di luar sana yang merasakan apa yang saya rasakan.

Insecure yang bikin geregetan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun