Om Brill
Om Brill

Book Writer - Video Blogger - Entrepreneur

Selanjutnya

Tutup

Hukum Artikel Utama

Setelah Dilaporkan tvOne ke Polisi, Akun Bola_Gila Minta Maaf

1 Juli 2018   23:04 Diperbarui: 2 Juli 2018   09:58 5653 4 2
Setelah Dilaporkan tvOne ke Polisi, Akun Bola_Gila Minta Maaf
Permohonan maaf akun bola_gila

Sebuah postingan di Instagram membuat manajemen tvOne terpaksa melaporkan sang pemilik akun ke Polisi. Bola_gila, begitu nama akun yang dimaksud, dianggap telah menyebarkan berita palsu. Mereka membuat foto, di mana foto tersebut diedit sedemikian rupa. Mulai dari running text-nya, jam tayang acara yang mereka telah foto itu, sampai logo acara tvOne pun diganti. 

Adalah program Kabar Arena yang menjadi objek "keisengan" akun bola_gila. Di foto tersebut tampak Sandra Olga sedang membawakan acara Kabar Arena, dengan background logo World Cup 2018. Di running text tertulis: "Piala Dunia: Argentina Menang 4:3 atas Perancis". Di ujung running text ada angka penunjuk waktu, yakni pukul 23:09. Foto yang diposting akun bola_gila tersebut adalah hoax dan dianggap penyesatan.

Sebagaimana kita ketahui, dalam pertandingan Piala Dunia antara Argentina melawan Perancis yang disiarkan Trans TV pada Sabtu, 30 Juni 2018 kemarin, Argentina kalah. Tim yang dimonitori oleh Lionel Messi ini ditaklukkan oleh tim Perancis 4:3. Oleh akun bola_gila, momentum kekalahan Argentina tersebut dimanfaatkan untuk memposting sebuah foto parodi. Di foto tersebut terlihat secara jelas stasiun televisi tvOne, di mana di running text-nya tertulis Argentina justru menang melawan Perancis.

"Foto itu tidak benar. tvOne tidak pernah memberitakannya," tulis Eduardus Karel, salah seorang karyawan tvOne yang menulis di akunnya, denmasngadman. "Karena ini menyangkut (nama baik) tvOne sebagai pihak yang dirugikan, tidak ada salahnya untuk melakukan pengaduan."

Boleh jadi, niat bola_gila yang kini telah memiliki 1 juta followers ini untuk "lucu-lucuan", apalagi konsep akun ini memang memposting foto-foto parodi seputar sepak bola. Boleh jadi pula, bola_gila memanfaatkan momentum polemik mengenai sejumlah lembaga survei yang dianggap tidak akurat dalam membuat hasil survei terhadap calon Kepala Daerah di beberapa daerah. Ketidakakuratan tersebut yang menginspirasi bola-gila untuk membuat foto parodi. Di Trans TV Argentina kalah, di tvOne Argentina menang, begitu niat admin bola_gila.

Foto ini yang membuat aku bola_gila dilaporkan tvOne ke polisi
Foto ini yang membuat aku bola_gila dilaporkan tvOne ke polisi
Namun oleh tvOne, niat "lucu-lucuan" menjadi tidak lucu. Justru akun bola_gila dianggap menyesatkan penonton, bahkan lebih jauh lagi dikatakan oleh tvOne sebagai "kejahatan melalui media sosial". Kenapa dianggap menyesatkan? Sebab, dengan memberikan info sesat. Pertama, pada Sabtu, 30 Juni 2018 pukul 23:09, tvOne tidak menayangkan program Kabar Arena Pagi, melainkan program One Pride Pro Never Quit.

Kedua, program Kabar Arena tidak tayang pada Sabtu dan Minggu, baik malam maupun pagi. Terakhir, pada pukul 23:09 --sebagaimana yang terlihat di foto postingan bola_gila di atas--, Sandra Olga tidak bersiaran di tvOne, melainkan sedang bertugas sebagai Presenter live di Trans TV. Makin membuat marah tvOne, ada teks di bawah foto tersebut: "Kabar baik buat fans Messi dan Timnas Argentina, menurut tv sebelah mereka dinyatakan menang atas Perancis."

Melalui UU IT, pada Minggu, 1 Juli 2018, bola_gila dilaporkan ke polisi. Lewat siaran persnya, Public Relations Manager tvOne, Raldy Doy, menulis, bahwa apa yang dilakukan oleh bola_gila adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab dan merupakan kejahatan melalui media sosial.

"Sebagai tv berita yang menjunjung tinggi etika jurnalistik, kami mengecam keras tindakan seperti ini," tulis Raldy di siaran persnya. "Pelaku HOAX ini supaya segera menyampaikan permohonan maaf".

Siaran Pers tvOne
Siaran Pers tvOne
Manajemen tvOne berharap, agar apa yang dilakukan oleh bola_gila, tidak terulang lagi oleh akun-akun lain. Dan, tulis di siaran pers tvOne, tindakan terpuji yang menipu publik seperti ini bisa ditindak secara tegas agar menimbulkan efek jera. Ketika pihak tvOne melaporkan postingan hoax soal foto Kabar Arena yang penulis posting di atas, sudah dihapus admin bola_gila. Sebagai gantinya, pada malam ini, admin bola_gila sudah mengeluarkan permohonan maaf, sebagaimana yang diminta oleh pihak tvOne. Meski sudah meminta maaf, namun proses hukum tetap berjalan.

Berikut permohonan maaf dari admin bola_gila.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, kami tim dari @bola_gila mengucapkan maaf sebesar-besarnya atas kelalaian kami mengunggah konten yang ternyata hasil rekayasa netizen di sosial media. Kami sangat menyesal dan memohon maaf kepada @tvonenews khususnya tim Kabar Arena atas segala kerugian yang dialami akibat kelalaian kami.
.
Bersamaan pernyataan dan permohonan maaf terbuka ini juga, kami 
@bola_gila tengah melakukan komunikasi kepada tim @tvonenews untuk mendapatkan penyelesaian dengan jalan keluar terbaik.
.
Kami nyatakan dengan keras bahwa konten yang sempat diunggah tidak benar adanya dengan realita yang ada. Atas kelalaian tersebut, penanggung jawab 
@bola_gila juga telah memberikan sanksi tegas dan keras kepada pengelola akun agar kemudian dapat dijadikan pembelajaran.
.
Akhir kata, kami juga memohon maaf kepada seluruh followers kami atas kejadian yang telah mengganggu kenyamanan bersama. Diharapkan kita bersama di kemudian hari dapat bersama membangun semangat kolaborasi untuk kemajuan sepakbola khususnya untuk tim kebanggaan kita Indonesia.
.
Salam hormat dari kami,
Tim 
@bola_gila

Salam No Hoax!