Mohon tunggu...
Rokhman
Rokhman Mohon Tunggu... Guru - Menulis, menulis, dan menulis

Guru SD di Negeri Atas Awan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hati-hati dengan Jempolmu

17 Oktober 2022   10:30 Diperbarui: 17 Oktober 2022   11:05 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Di zaman media sosial saat ini setiap orang bisa menjadi kantor berita. Naluri untuk berbagi mendorong seseorang mudah membagikan sesuatu termasuk informasi.

Namun kadang niat baik itu tidak dibarengi literasi digital yang cukup. Akibatnya, alih-alih ingin berbagi informasi justru malah menyesatkan banyak orang.

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan dalam menentukan, mengevaluasi, dan memanfaatkannya secara bijak untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari (Wikipedia).

Sebagian kita kadang ketika membagikan informasi apakah berupa tulisan, gambar, atau video tanpa cek and ricek dahulu. Informasi yang belum tervalidasi keakuratannya dibagiksn begitu saja.

Begitu ada yang menanyakan cukup dijawab: "Maaf, saya hanya share dari grup sebelah." Mungkin dengan jawaban itu dianggap urusan selesai. Padahal bisa jadi informasi yang sudah terlanjur tersebar itu sudah menyesatkan orang lain.

Contohnya yang saya alami Sabtu (15/10) kemarin. Hari itu saya membersamai rekan-rekan OPS se-kecamatan refresing ke Pantai Menganti, Kebumen.

Sejak berangkat dari rumah memang cuaca kurang mendukung. Hujan, bahkan beberapa hari lalu ada beberapa titik longsor dan menutupi sebagian badan jalan

Wilayah tempat tinggal saya memang dikenal rawan bencana tanah longsor. Setidaknya pernah terjadi tiga peristiwa longsor yang menjadi perhatian nasional kala itu. Longsor Gunungraja, Banjarmangu (2006), Jemblung, Karangkobar (2014), dan Clapar, Pagentan (2016).

Tragedi tersebut sangat membekas dan sebagai pengingat untuk selalu waspada. Apalagi jika musim penghujan tiba.

Alhamdulillah perjalanan saya lancar.. Sejak berangkat hingga sampai tujuan lancar. Cuaca berawan namun tidak turun hujan. Namun ketika rombongan akan pulang ada teman guru yang mengirim foto kejadian longsor di grup WA. 

Tentu informasi tersebut membuat gelisah teman-teman. Jika informasi itu benar maka perjalanan pulang akan terhambat karena jalan tersebut merupakan satu-satunya akses yang bisa dilalui kendaraan besar seperti bus

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun