Mohon tunggu...
Oman Salman
Oman Salman Mohon Tunggu... Guru SD. Surel: salmannewbaru@gmail.com

Sedang belajar memahami anak dan ibunya...

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Menakar Potensi Ridwan Kamil untuk Pilpres 2024

19 Desember 2020   14:20 Diperbarui: 19 Desember 2020   14:56 341 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menakar Potensi Ridwan Kamil untuk Pilpres 2024
Sumber: lifestyle.kompas.com

Perhelatan pilpres 2024 memang masih jauh. Namun beberapa nama kerap bermunculan sebagai kandidat potensial yang layak untuk maju pada pilpres nanti.

Pilpres 2024 sangat menarik untuk dinanti. Sebab tak kan ada calon petahana seiring berakhirnya periode kedua Jokowi pada tahun 2024 nanti.

Di sinilah letak keseruannya. Sehingga meskipun perhelatannya masih jauh, nama-nama seperti Prabowo Subianto, Anis Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan lainnya, kerap mengisi daftar orang-orang yang layak untuk maju pada pilpres 2024.

Salah satu nama yang menarik adalah Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memiliki beberapa kelebihan tersendiri sebagai modalnya untuk mempertahankan pamor serta popularitasnya untuk pilpres 2024. 

Pertama, Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat. 

Sebagai salah satu provinsi penyangga ibukota, Jawa Barat adalah provinsi strategis. Baik secara ekonomi maupun peluang karier politik. Apa yang terjadi di Jawa Barat akan turut pula menjadi sorotan Nasional. Maka menjadi gubernur Jawa Barat memiliki keuntungan tersendiri. 

Jawa Barat juga merupakan salah satu lumbung suara nasional. Mengutip data dari databoks.katadata.co.id, bahwa data pemilih tetap (DTP) Jawa Barat tahun 2019, sebanyak 33.27 juta jiwa. Jumlah ini adalah yang tertinggi se-Indonesia.

Jika Kang Emil dapat memanfaatkan momentumnya sebagai orang nomor satu di Jawa Barat, maka ini adalah keuntungan tersendiri baginya untuk mempertahankan popularitasnya. Kang Emil hanya perlu fokus menjalankan program-program yang pro rakyat. Maka bukan hal mustahil jika warga Jawa Barat akan pula mendukungnya jika ia dicalonkan dalam pilpres nanti.

Kedua, Ridwan Kamil Dekat dengan Kaum Milenial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x