Mohon tunggu...
oman salman
oman salman Mohon Tunggu... guru

lawan korupsi! kami generasi penerus akan tetap setia pada integritas, moralitas, dan spiritualitas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kekuatan Mimpi

26 Juni 2019   18:17 Diperbarui: 26 Juni 2019   19:25 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kekuatan Mimpi
ilustrasi, komunitasexcellent.com

Tuhan Maha Kaya, Maha Segalanya...

Ini kisah nyata, tentang seseorang yang kehidupannya sederhana dan penuh semangat dalam setiap beaktivitas. Sebut saja namanya Pak Ridwan. Beliau bekerja di lembaga sosial pendidikan dan kesehatan. Sebuah lembaga nirlaba yang memfasilitasi pendidikan dan kesehatan untuk orang-orang tidak mampu (musthadafin) secara gratis.

Program-program bantuan tersebut dikelola sedemiakian rupa sehingga terciptalah beberapa sekolah gratis yang tersebar di beberapa daerah di Depok, Bogor, dan sekitarnya. Ada SMK Agri Bisnis Gratis di Mega Mendung, Bogor; SMA Kreatif Cendekia Gratis, Ciseeng Bogor; Pusat Terapi Autis Gratis, Cinere, Depok; Advokasi Kesehatan Gratis; Rumah Yatim Gratis, Limo, Depok; dan lain-lain.

Kebetulann Pak Ridwan adalah atasan saya. Sebulan atau dua bulan sekali saya dan pekerja yang lain dapat berkesempatan bertemu beliau. Terutama ketika beliau, selaku salah satu pimpinan yayasan, mengadakan kunjungan atau supervisi ke sekolah binaannya.  

Saat ini kebetulan Sekolah SMA Kreatif Cendekia sedang melakukan Raker, Tanggal 26 Juni 2019 sampai 27 Juni 2019. Beliau menghadiri acara ini. Saat istirahat kami berbincang santai. Beliau menyampaikan sebuah kisah yang sangat inspiratif.

"Kekuatan mimpi itu sangat dahsyat." Kata beliau. Beliau menyampaikan bahwa ketika beliau belum memiliki rumah, beliau dan istrinya membuat gambar sebuah rumah impian yang kecil dan sederhana; di depan rumah itu ditanami pohon delima, dan sebuah pohon kesukaan Almarhum Ayahanda Pak Ridwan, dan tanaman-tanaman bunga; rumahnya tak menghadap langsung matahari. Gambar rumah tersebut lalu ditempel di belakang pintu kamar kontrakan.

Kuasa Tuhan. Beberapa tahun kemudian beliau memiliki rumah yang persis digambarkan dan diimpikan waktu itu. Begitu juga dengan cita-cita atau impian lainnya. Misalnya dalam menyekolahkan anaknya, beliau senantiasa berpikir positif dan optimis. Anaknya kini sekolah di sebuah sekolah swasta yang bayarannya dapat disebut lumayan. Dan kini beliau memberanikan diri masuk daftar antrean haji. Istrinya pernah bertanya, bagaimana dengan pembayrannya? Pak Ridwan hanya menjawab "Yakin Tuhan akan memberikan jalan."

Pernah suatu ketika ia akan membayar cicilan haji, namun ternyata tabungannya kosong. Keesokan harinya, beliau coba lagi, namun saldo masih kosong. Di hari berikutnya beliau coba lagi, dan ternyata ada saldonya dan dapat membayar cicilan biaya haji. Beliau yakin jika kita berada di jalan Tuhan dan banyak membantu orang, kuasa Tuhan lebih luas untuk membalasnya. 

Beliau berkata, "mungkin saja ada salah seorang yang dulu pernah dikasihnya pelatihan tentang pembelajaran dan tetek bengek urusan sekolah secara gratis, diam-diam mentransfer uang sebagai tanda terima kasih. Beliau, selain manajer program pendidikan di yayasan, juga rutin memberikan pelatihan pendidikan gratis bagi guru dan kepala sekolah madrasah. 

Dan masih banyak lagi mimipi-mimpi beliau yang satu-persatu terwujud, yang dulu pernah beliau impikan dan digambar lalu ditempelkannya gambar tersebut di balik pintu atau di tempat lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2