Mohon tunggu...
oman salman
oman salman Mohon Tunggu... surel: salmannewbaru@gmail.com

lawan korupsi! kami generasi penerus akan tetap setia pada integritas, moralitas, dan spiritualitas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tujuan Bekerja Menurut Arvan Pradiansyah

3 Mei 2019   10:54 Diperbarui: 3 Mei 2019   11:18 0 1 0 Mohon Tunggu...
Tujuan Bekerja Menurut Arvan Pradiansyah
ilustrasi: ebooks.gramedia.com

Hakikat bekerja adalah bagaimana kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Menjadi rahmatan lil'alamin, rahmat bagi seluruh alam. Ibarat sebuah bolpoin yang bermanfaat untuk menulis, seperti jam yang bermanfaat untuk menunjukkan waktu. Apalagi manusia sebagai makhluk hidup, ia mesti memiliki manfaat dalam kehidupannya.

Segala sesuatu itu diciptakan memiliki tujuan namun tujuan itu bukan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk orang lain. Seperti bolpoin tadi. Bolpoin diciptakan dengan tujuan bermanfaat untuk menulis. Bolpoin itu bermanfaat untuk orang lain, bukan untuk bolpoinnya sendiri. 

Begitu juga dengan kita sebagai manusia. Kita harus dapat bermanfaat untuk orang lain, atau menjadi rahmatan lil'alamin. Inilah alasan kenapa kita dikirim Tuhan ke bumi.

Konsep sebab-akibat dalam bekerja

Biasanya seseorang bekerja dengan tujuan mendapatkan uang. Padahal uang itu adalah akibat dan kita harus menempatkannya sebagai akibat. Jadi, sebaiknya kita niatkan bekerja dengan tujuan untuk dapat bermanfaat bagi orang lain. 

Niat atau tujuan ini adalah sebagai sebab atau motivasi kita bekerja. Jadi bekerja bukan untuk mendapatkan uang, melainkan untuk dapat bermanfaat bagi orang lain. Adapun uang, itu pasti akan didapatkan oleh kita yang bekerja. Karena ia adalah akibat. Siapa yang bekerja pasti dapat uang.

Ketika kita dapat bermanfaat untuk orang lain, dapat membantu orang lain, maka kita akan merasa berharga. Saat kita dapat membantu atau bermanfaat bagi orang lain, maka hidup kita akan terasa berguna dan bermakna, meaning full. Rasa berguna dan hidup penuh makna adalah sebuah kebahagiaan. Jadi, niatkanlah dalam bekerja ini untuk dapat bermanfaat dan berguna bagi orang lain.

Jika kita bekerja dengan niat atau motivasi mencari uang, maka semangat kerja kita akan cepat kendur. Ibarat seseorang yang menikah dengan motivasi uang, maka pernikahannya akan hampa. Itu menyedihkan. Namun, jika seseorang menikah karena cinta, maka kebahagiaan akan menyertai perjalanan rumah tangganya. 

Begitu juga dalam bekerja, kita harus bekerja karena cinta. Bukan sekadar karena uang. Bukan berarti uang tidak penting, namun kita harus memiliki niat dan motivasi kerja yang lebih dari sekadar mencari uang. Yakni, bagaimana kita bekerja dengan penuh cinta dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Bagaimana bekerja dengan penuh cinta?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN