Mohon tunggu...
OLYVIA CHRISTIANY WIJAYA
OLYVIA CHRISTIANY WIJAYA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Hominisasi

3 Oktober 2022   21:47 Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:55 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hominisasi dimulai dari tugas pra gladi yang berisi tentang lagu Indonesia Raya 3 stanza yang dimana kita harus menuliskan mengapa kita memilih salah satu dari 3 tersebut. Kita juga disuruh untuk mengamati bagaimana kondisi pangan di Indonesia dan bagaimana kaitannya dengan globalisasi. Saat hari H kita diajarkan untuk saling bekerja sama satu sama lain dan bagaimana kita harus mengatur waktu lebih baik dan efisien. 

Pengalaman yang dapat saya ambil dari gladi hominisasi adalah kita lebih menghargai lagi kebudayaan di Indonesia dan melestarikan hewan-hewan di dunia ini. 

Setelah mengikuti gladi kita diharuskan untuk menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara agar kita lebih sadar dan menjadi insan-insan yang dapat mengharumkan nama Indonesia lebih lagi. 

Manfaat yang saya dapat setelah mengikuti gladi adalah memiliki lebih banyak relasi lagi lintas jurusan, lebih mendalami hak asasi hewan lebih lagi dan cara mengolah hewan dengan tidak menggunakan kekerasan. Selain itu juga kita diajarkan untuk saling bertukar ide antar anggota yang baru dan jangan ragu untuk mengungkapkan gagasan kita. 

Pelajaran saya yang bisa saya terapkan sebagai mahasiswa adalah saya akan lebih menghargai hewan lagi dan tidak memandang hewan hanya sebagai binatang saja dan saya juga akan mengurangi konsumsi hewan dan lebih memilih memakan tumbuhan saja. Saya juga belajar bagaimana menerapkan SINDU di dalam kehidpan saya sehari-hari. 

Cara saya meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir, berbahasa sebagai warganegara adalah dengan mencoba menyelesaikan masalah dengan berpikir kritis dan menggunakan lebih banyak bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari dan menghindari penggunaan bahasa asing dalam bahasa sehari-hari. Selain itu juga saya lebih menerima pendapat orang lain agar saya dapat berwawasan lebih luas lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun