Mohon tunggu...
Ollivia Delisha
Ollivia Delisha Mohon Tunggu... Universitas Muhammadiyah Riau

Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

19 April 2021   21:44 Diperbarui: 19 April 2021   22:06 68 1 0 Mohon Tunggu...

Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah sebagai pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam bersikap dan bertingkah laku sehari-hari. Pancasila sebagai pandangan hidup menjadi landasan moral kepedulian manusia sepanjang masa.

Pancasila pada hakikatnya adalah nilai-nilai adat istiadat, nilai-nilai kebudayaan, dan nilai religi yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia. Karena berasal dari pandangan hidup masyarakat, Pancasila merupakan kepribadian bangsa dan sebagai sumber hukum negara.

Pandangan hidup bangsa merupakan nilai yang dimiliki oleh suatu bangsa yang diyakini kebenarannya sehingga menumbuhkan tekad untuk mewujudkannya. Pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila, yang sering disebut juga sebagai way of life, pegangan hidup, pedoman hidup, atau pandangan dunia.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dinilai sangat penting bagi masyarakat Indonesia sendiri karena Pancasila dijadikan petunjuk atau pedoman hidup bagi masyarakat Indonesia dalam segala kegiatan manusia. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dalam perjuangan untuk mencapai kehidupan yang sempurna memerlukan nilai-nilai luhur yang dijunjungnya sebagai suatu pandangan hidup

Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa perlu kita pertahankan. Karena jika tidak, maka bangsa Indonesia akan mudah terpecah belah dan tidak memiliki tujuan dalam bernegara dan berbangsa.

Tantangan Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Kekhawatiran akan munculnya ancaman dan komitmen disertai pemahaman pada generasi saat ini yang akan datang terhadap Ideologi Pancasila, sebagai dasar negara yang menjadi pedoman dari nilai - nilai keberagaman bangsa, budaya, agama di Indonesia.

Moral, sikap, tindakan dan perbuatan yang dilakukan oleh individu maupun golongan yang memikirkan diri / golongannya sendiri tanpa memedulikan orang lain menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila sudah mulai dilupakan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab. Akan sangat berbahaya bagi negara Indonesia bila generasi penerus bangsa, ideologinya banyak yang melenceng dari Pancasila.

Ancaman ideologi ini akan menghalalkan segala cara, terkadang ditemukan buku-buku di bidang pendidikan tersusupi paham-paham yang berbau radikalisme, komunis dan ideologi lainnya, ideologi pancasila merupakan kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada lima sila dalam Pancasila.

Peran masyarakat merupakan bagian dari komponen bangsa yang menjadi jantung dari pembinaan ideologi pancasila, sudah seharusnya memprioritaskan dan mengambil langkah - langkah kepada generasi muda yang akan datang, perlu pengenalan Pancasila.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN