Olive Bendon
Olive Bendon Administrasi

penikmat alam ciptaan Tuhan, senang berjalan kaki & menyesap senyap saat mutar-mutar di kuburan tua. menitipkan jejak di Olive's Journey dan Perempuan Keumala

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Murah dan Nyamannya "Medical Check-up" di Gleneagles Penang

26 Agustus 2018   22:39 Diperbarui: 26 Agustus 2018   22:52 1667 0 0
Murah dan Nyamannya "Medical Check-up" di Gleneagles Penang
International Patients' Centre Gleneagles Penang (dok. Gleneagles Penang)

Wajah lelaki hindustan itu sedikit masam ketika saya menghampirinya di pintu keluar Bandar Udara (Bandara) Internasional Penang. Sapa pagi saya dijawabnya dengan runtunan tanya .. Ibu tadi kemana? Saya lihat Ibu tadi jalan ke sana, Ibu kemana?

Saya hanya melihat dua lelaki lain yang memeluk papan nama bertuliskan nama lain saat bergegas keluar tadi. Tidak dirinya. Mungkin di saat yang bersamaan dia sedang berdiri di tempat yang tak terlihat, saya tak tahu karena dia baru tampak setelah saya berbalik arah dan menjumpainya memegang papan bertuliskan nama rumah sakit tempatnya bekerja yang membuat saya menghampirinya.

Beruntung dia tak menggunakan bahasa ketumbar jahe sehingga saya tak dibuatnya bertambah pusing karena terus saja berbicara tanpa memberi saya kesempatan untuk menjelaskan.

Maaf Ibu, saya Prem Kumar. Ibu tunggu sebentar. 

Silakan duduk di dalam lounge, masih ada 1 (satu) orang lagi. 

Prem, lelaki yang wajahnya kini dipenuhi senyum itu menunjuk ke bangku -- bangku kosong di MHTC Concierge & Lounge. Ruang tunggu yang disedikan oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) untuk para pejalan medis, pasien -- pasien yang datang berobat ke Malaysia melalui bandara Penang, dapat beristirahat sejenak sembari menanti jemputan atau sekadar duduk -- duduk saja sebelum melanjutkan perjalanan ke rumah sakit yang dituju.

Kedatangan saya ke Penang kali ini memang sedikit berbeda. Masih urusan jalan -- jalan, temanya medical tourism, destinasinya Gleneagles Penang, rumah sakit swasta pertama di Penang yang didirikan oleh sekelompok pengusaha Penang pada awal 1970. Gleneagles Penang mulai beroperasi pada 1 Juli 1973 dengan nama Penang Medical Centre.

Pada 1989 kepemilikan sahamnya diambil alih Gleneagles International Pte Ltd, anak perusahaan Parkway Pantai Ltd, dan namanya berganti menjadi Penang Gleneagles Medical Centre atau lebih dikenal sebagai Gleneagles Penang. Rumah sakit inilah yang menjadi pilihan saya untuk melakukan medical check-up (MCU). Dan pagi itu, Prem Kumar, lelaki hindustan bermuka masam tadi, bertugas menjemput saya.

MHTC Concierge & Lounge (dok. koleksi pribadi)
MHTC Concierge & Lounge (dok. koleksi pribadi)
Kenapa harus MCU? Kita sering abai ketika tubuh mengirimkan sinyal tak nyaman dan mulai berkeluh kesah hingga ia berteriak kencang -- kencang, barulah kita sadar ada sesuatu yang salah.

MCU dilakukan untuk mengetahui lebih dini dan rinci kondisi kesehatan kita sehingga dokter bisa melakukan pengobatan dan tindakan yang tepat pada bagian yang dikeluhkan sakit, serta menghindari komplikasi dan berkembangnya penyakit yang dibiarkan karena ketidaktahuan.

Setelah melakukan studi singkat profil beberapa rumah sakit yang sering dikunjungi pejalan medis Indonesia maupun negara lain sebelum berangkat dan setelah MCU langsung di Penang; 3 (tiga) hal berikutlah yang menjadi pertimbangan kenapa memilih MCU di Gleneagles Penang:

Pelayanan Profesional dan Ramah

Orang yang bekerja dengan hati riang, akan terpancar lewat lakunya. Ketika Prem memberondong saya dengan pertanyaan saat kami baru bersua di bandara, dia berbicara dengan mata penuh selidik pun terlihat khawatir. Tugasnya menjemput pasien yang harus diantarkan ke tempatnya bekerja, dia pun harus melaporkan ke atasannya/dan atau bagian terkait tugasnya jika pasien yang dijemputnya tak ditemui. Permintaan maaf dan senyum yang kemudian hadir di wajahnya menunjukkan bagaimana dia berdedikasi menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati.

Prem TAK SEKADAR PASANG BIBIR MEMBENTUK SENYUM, karenanya usai drama pagi itu, kami akrab berbincang sampai saya tiba di hotel tempat saya menginap (dok, koleksi pribadi)
Prem TAK SEKADAR PASANG BIBIR MEMBENTUK SENYUM, karenanya usai drama pagi itu, kami akrab berbincang sampai saya tiba di hotel tempat saya menginap (dok, koleksi pribadi)
Kesan pertama: pelayanan di front line -- nya saja begini, bagian lainnya pasti sama karena standar operasional prosedur (SOP)-nya seragam.

Biaya Murah, Fasilitas Bermutu

Saya tertarik dengan 3 (tiga) paket MCU yang ditawarkan Gleneagles Penang yang tentu saja menjadi pertimbangan pejalan medis memilih Gleneagles Penang sebagai rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan kesehatan:

  • Platinum RM 820
  • GOLD RM 540
  • Silver RM 480

detail lihat pada gambar berikut: 

Paket medical check-up Gleneagles Penang (dok. brosur Gleneagle Penang)
Paket medical check-up Gleneagles Penang (dok. brosur Gleneagle Penang)

Jika dirupiahkan, harga -- harga paket di atas tak jauh berbeda dengan paket MCU yang ditawarkan rumah sakit dan laboratorium kesehatan di Jakarta bahkan bisa jadi lebih murah. Kalaupun ada yang berbeda lihat poin pertama ;)

Kesan kedua: harga murah dengan fasilitas pelayanan kesehatan berakreditasi internasional, rumah sakitnya dapat dipercaya memberikan pelayanan ramah; menarik bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3