Olive Bendon
Olive Bendon Administrasi

penikmat alam ciptaan Tuhan, senang berjalan kaki & menyesap senyap saat mutar-mutar di kuburan tua. menitipkan jejak di Olive's Journey dan Perempuan Keumala

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Indonesia Penyumbang Terbesar Angka Kunjungan Medical Tourism Penang

14 Agustus 2018   08:45 Diperbarui: 14 Agustus 2018   09:41 628 0 0
Indonesia Penyumbang Terbesar Angka Kunjungan Medical Tourism Penang
Sumber Gambar: Gleneagles Penang

Krisis ekonomi yang melanda negara Asia Tenggara pada 1997 membuka  peluang bagi pemerintah Malaysia untuk mendongkrak perekonomian  negaranya di sektor kesehatan dan pariwisata lewat promosi program medical tourism atau wisata medis. 

Sasaran utamanya tentu saja negara -- negara  tetangganya di kawasan Asia Tenggara. Dampaknya, pada 1998 angka  kunjungan wisata medis Malaysia mengalami peningkatan terutama karena  serbuan wisatawan medis dari Indonesia yang memilih rumah -- rumah sakit  swasta di Malaysia sebagai tempat pemeriksaan dan perawatan kesehatan.

Ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan berakreditasi internasional yang menjadi acuan standar pelayanan kesehatan dunia dari Joint Commission International (JCI)  dengan didukung oleh sistem perawatan kesehatan berkualitas baik, dokter ahli yang berpengalaman, tarif yang tak memberatkan kantong pasien, dan  gampang dijangkau membuat Malaysia pada 2015 dan 2016 mendapat  penghargaan Health and Medical Tourism Destination of the Year  dari The International Travel Journal. 

Keunggulan -- keunggulan layanan  kesehatan yang tersedia di 3 (tiga) kota tujuan wisata medis Malaysia:  Kuala Lumpur, Penang, dan Melaka menjadi alasan kuat pejalan dari negara  lain memilih Malaysia sebagai medical tourism destination.

Dari data Malaysia Healthcare Travel  Council (MHTC) -- lembaga di bawah Kementerian Kesehatan Malaysia yang  dibentuk pada 2009 untuk menfasilitasi pengembangan industri perjalanan  kesehatan Malaysia -- 60% pejalan yang berkunjung ke Malaysia pada 2016  datang untuk urusan yang berkaitan dengan kesehatan; memilih Penang  sebagai kota tujuan wisatanya. 

Melihat daerahnya menjadi incaran  pejalan; rumah -- rumah sakit swasta di Penang pun gencar mempromosikan Penang sebagai destinasi wisata medis terbaik di Asia Tenggara (dan  dunia) bersaing dengan Thailand dan Singapura untuk meraup angka  kunjungan wisata (dan pasien) dengan menawarkan paket -- paket  pemeriksaan kesehatan (Medical Check Up/MCU) yang banyak dilirik  pejalan.

International Patients' Centre Gleneagles Penang (dok. koleksi pribadi)
International Patients' Centre Gleneagles Penang (dok. koleksi pribadi)
Salah satu rumah sakit swasta  berakreditasi internasional JCI yang menawarkan paket MCU dengan  peralatan penunjang kesehatan moderen dengan tarif terjangkau adalah  Gleneagles Penang Medical Centre atau yang lebih dikenal dengan Gleneagles Penang.  

Gleneagles Penang adalah rumah sakit swasta pertama di Penang yang  didirikan oleh sekelompok pengusaha Penang pada awal 1970 yang mulai  beroperasi pada 1 Juli 1973 dengan nama Penang Medical Centre. Aileen  Foo, Senior Manager, Sales, & Marketing Gleneagles Penang mengatakan  selain masyarakat lokal, pasien internasional yang datang ke Gleneagles  Penang datang dari Thailand, Australia, Singapura, dan Cina.

Untuk melakukan MCU di Gleneagles Penang,  calon pasien tak perlu mengantri dan menunggu lama untuk dilayani.  Pejalan bebas menentukan waktu untuk pemeriksaan kesehatan dengan  terlebih dahulu melakukan pendaftaran disesuaikan dengan jadwal  perjalanan atau dengan datang langsung ke Gleneagles Penang. 

Bagi  pejalan dari luar negeri, dapat mendaftar dan menggali informasi yang  diperlukan melalui International Patients' Centre sebelum berjalan ke Health Screening Centre. Tak perlu khawatir terkendala bahasa karena  selain menguasai bahasa Inggris dan Melayu; petugas di Gleneagles Penang juga dapat berbahasa Indonesia dan Mandarin. Merekalah yang mengatur  jadwal pengecekan kesehatan dan pertemuan dengan dokter sehingga pasien  bisa dilayani tepat waktu.

Jika jadwal MCU pk 08.00, pasien akan dikabari sudah datang ke rumah sakit 15 menit sebelumnya (dok. koleksi priibadi)
Jika jadwal MCU pk 08.00, pasien akan dikabari sudah datang ke rumah sakit 15 menit sebelumnya (dok. koleksi priibadi)
Penang juga menjadi destinasi wisata  medis pilihan bagi pasangan -- pasangan yang mendamba keturunan. Biaya  yang lebih murah dengan teknologi moderen membuat banyak pejalan dari  Indonesia, Singapura, dan Cina memilih untuk menjalani program bayi  tabung; In-Vitro Fertilitation (IVF) di Penang.

Genesis IVF klinik yang didirikan oleh Dr Ng Peng Wah, dokter spesialis kesuburan  dan ginekolog pada Juni 2017 telah banyak melayani pasien yang datang  untuk berkonsultasi dan menjalankan program bayi tabung. 

Menurut Dr Ng,  pada awal 2000 banyak pasiennya yang datang dari Aceh, namun pasca  tsunami, pasangan dari Aceh menurun diganti dengan pasangan dari wilayah  lain di Indonesia di samping pasangan -- pasangan dari Thailand dan  Singapura.

Sumber Gambar: Genesis IVF
Sumber Gambar: Genesis IVF
Lima alasan menarik berikut menjadi pertimbangan pejalan dari Indonesia memilih berobat ke Penang:

  1. Biaya sebanding bahkan lebih murah untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, nyaman, dan detail dengan kualitas yang lebih baik
  2. Nyaman dalam berkomunikasi karena  petugas medis yang melayani pasien di rumah sakit cukup fasih  berkomunikasi dengan bahasa Indoesia
  3. Pasien tak harus mengambil nomor antrian  jauh -- jauh hari dan menunggu berjam -- jam demi bertatap muka dengan  dokter karena dokter ahli hanya melayani di satu rumah sakit
  4. Tersedia penerbangan langsung ke Penang dan pengaturan penjemputan dari/ke bandara oleh rumah sakit yang dituju
  5. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, satu kali perjalanan medis bisa sekalian mengajak anggota keluarga jalan -- jalan

Medical tourism Malaysia mendapat dukungan penuh dari  pemerintah di sektor Kesehatan, Pariwisata, serta Perdagangan dan  Industri sehingga tarifnya murah.

Selain MCU dan IVF, lima pilihan  perawatan kesehatan yang popular di kalangan pejalan medis di Penang  adalah kardiologi, onkologi, ortopedi, perawatan gigi, dan kecantikan  (kosmetik). Saleum [oli3ve].