Mohon tunggu...
Oktaviani DiahPraweswari
Oktaviani DiahPraweswari Mohon Tunggu... Makhluk Bumi

Pengalaman adalah pembelajaran hidup yang paling utama untuk masa depan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Peran Jurnalistik terhadap Media Online dan Konvergensi Media

7 Mei 2021   16:40 Diperbarui: 7 Mei 2021   16:41 61 3 0 Mohon Tunggu...

Media Online adalah sebuah sarana komunikasi secara online melalui website atau pun aplikasi yang hanya dapat di akses dengan menggunakan internet. Media Online biasanya berisikan teks, suara, foto dan video. Sedangkan Konvergensi Media adalah penggabunggan beberapa media online utuk memiliki satu tujuan yang sama. Konvergensi Media biasanya merajuk pada pekmebangan teknologi komunikasi yang semakin berkembang. 

Jurnalistik atau kewartawanan adalah suatu kegiatan mencari berita, mecari fakta, serta melaporkan sebuah peristiwa. Orang yang melakukan kegiatan kewartawanan atau jurnalistik disebut dengan jurnalis. Tugas utama seorang jurnalis adalah mencari sebuah berita dan menuliskan dalam sebuah tulisan yang bisanya dapat di sertakan dengan gambar ataupun video. Ada pula Konvergensi Jurnalistik adalah cara berpikir baru dalam menghasilkan sebuah berita yang akan di komsumsi oleh klayak luas, yang pesan dalam sebuah berita tersebut dapat langsung di menegrti oleh masyarakat.

Saat ini media online bukan lah hal yang asing dalam kehidupan sehari-hari. Dari mulai anak kecil sampai dengan yang orang dewasa semua dapat mengakses media online kapan saja dan dimana saja, asalkan terdapat jaringan internet. Tetapi dengan semua kemudahan ini pastinya akan memberikan dapak yang kurang baik bagi kehidupan sehari-hari. Maka dari itu muncul lah Konvergensi Jurnalistik yang bertujuan untuk publik dapat mengakses berita secara baik dan benar. 

Peranan seorang jurnalis dalam menulis sebuah berita sangat penting. Kecakapan menulis, kecakapan dalam penggunaan media online, kecakapan penggunaan alat multimedia adalah faktor pendukung seorang jurnalis. 

Di era yang saat ini banyak media cetak dan media elektronik mulai menyeimbangkan dengan media online. Di sinilah peranan konvergensi media sangat di butuhkan. Kecakapan penggabungan yang dimiliki oleh seorang jurnalis dapat memudahkan seorang jurnalis dari media cetak dan media elektronik dalam menulis sebuah berita. Adanya konvergensi media juga akan lebih memudahkan para pembaca untuk lebih mengerti dengan sebuah berita yang dibacanya. 

Karena saat ini masyarakat luas kurang memiliki minat untuk membaca sebuah berita, apabila berita tersebut isinya berbelit-belit atau susah untuk di mengerti. Maka dari itu peranan konvergensi media sangat dibutuhkan untuk memudahkan masyarakat. Kemudahan tersebut dapat memberikan dampat positif bahwa masyarakat akan menjadi hobi membaca. Ke absahan sebuah informasi juga akan menarik masyarakat untuk mengikuti berita tersebut. 

Maka dari itu konevergensi media sangat berperan penting dan tidak dapat dipisahkan dengan seorang jurnalis. Karena mereka semua saling berhubungan dan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. 

Kesimpukannya adalah di era saat ini kecakapan seorang jurnalis sangat mempengaruhi sebuah penulisan berita. Bukan hanya media cetak dan media elektronik yang berusaha menggabungkan sebuah berita yang baik dan benar sebagai konsumsi publik. Tetapi kecakapan yang di miliki oleh seorang jurnalis di tuntut paling penting. Maka dari itu seorang jurnalis harus mudah beradaptasi di semua keadaan dan di semua kemajuan teknologi..

VIDEO PILIHAN