Mohon tunggu...
Oktaviandro NurPratama
Oktaviandro NurPratama Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mencoba menulis opini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Posyandu di Masa Pandemi

17 Februari 2021   12:10 Diperbarui: 17 Februari 2021   14:13 93 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Posyandu di Masa Pandemi
Dok. pribadi

Posyandu atau pos pelayanan terpadu merupakan salah satu upaya kesehatan yang dilakukan oleh, dari, dan untuk masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar dalam rangka untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Namun, ada juga posyandu yang memiliki pelayanan dasar kesehatan untuk lansia. Beberapa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh posyandu yaitu pemantauan pertumbuhan balita (pengukuran panjang badan/tinggi badan, penimbangan berat badan, pengukuran status gizi balita), pemantauan kesehatan ibu hamil (status gizi ibu hamil, keluhan - keluhan kesehatan pada ibu hamil), dan pemantauan kesehatan untuk lansia (pengecekan tekanan darah, penimbangan berat badan, dan perhitungan status gizi serta keluhan - keluhan kesehatan pada lansia).

Saat ini, hampir semua posyandu mengalami pemberhentian kegiatan untuk mengurangi kerumunan dan mobilitas dalam rangka mecegah penyebaran COVID-19. Namun, menurut penulis posyandu sendiri memiliki peran penting di masa pandemi ini. Karena pandemi sendiri, dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, terutama pada balita. Balita sendiri masih memerlukan adanya pemantauan karena sedang dalam masa pertumbuhan sehingga apabila terjadi masalah kesehatan pada balita, maka pertumbuhan dan perkembangan balita pun dapat terhambat. Begitu pun dengan lansia, ditakutkan dengan adanya pandemi ini dapat menyebabkan kondisi kesehatan lansia menurun karena kesehatan mereka sudah tidak dipantau secara teratur sehingga dapat terjadinya masalah pada kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau rendah disebabkan pola hidup yang kurang baik selama pandemi. Selain itu, kader posyandu dapat juga menjadi penengah antara tenaga kesehatan dengan masyarakat dalam rangka mengedukasi tentang pandemi COVID-19 ini karena kader posyandu lebih dekat dengan masyarakat sekitar yang membuat pemberian edukasi dan pesan kesehatan dapat lebih mudah disampaikan sehingga diharapkan dapat menurunkan angka penyakit serta memutus rantai penyebaran COVID-19.

Maka dari itu, posyandu sendiri dapat dijadikan salah satu bagian penting dalam rangka menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat di masa pandemi serta sebagai salah satu lembaga dalam memutus rantai penyebaran COVID-19. Beberapa posyandu di daerah tertentu sudah mulai dilakukan kembali dengan cara sweeping ke tiap rumah sesuai dengan protokol kesehatan demi menghindari adanya kerumunan dan mencegah penyebaran COVID-19, namun tetap bisa memantau kesehatan di masyarakat. Diharapkan dengan diberdayakannya posyandu ini, dapat membantu menurunkan dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x