Mohon tunggu...
Okta Rusnaniza
Okta Rusnaniza Mohon Tunggu... Dokter

Tertarik dalam masalah kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kesiapsiagaan Masyarakat Bandar Lampung Menghadapi New Normal

2 Juli 2020   20:27 Diperbarui: 2 Juli 2020   20:18 23 0 0 Mohon Tunggu...

Definisi New Normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional di masing-masing daerah. 

Kata new normal sudah tidak asing lagi di telinga semua orang saat ini, namun mengingat sangat berbahayanya virus ini maka tidak semua daerah dapat menerapkan new normal. Ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan jika suatu daerah ingin menerapkan new normal; contohnya: daerah tersebut merupakan daerah dengan label zona hijau dan telah dilakukan screening masif sehingga pemerintah dapat benar-benar yakin bahwa daerah tersebut aman.

Sesuai peraturan pemerintah mengenai aturan penerapan new normal di Indonesia; khususnya di Kota Bandar Lampung; semua lini baik dari jajaran Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung, seluruh pihak Swasta dan masyarakat pada umumnya, mulai mengikuti protokol kesehatan dengan penyediaan fasilitas tempat cuci tangan, penyediaan hand sanitizer, penerapan jaga jarak, serta keharusan pemakaian masker di tempat umum. 

Pemerintah Kota Bandar Lampung juga mengatakan sesuai aturan yang dikeluarkan Pemerintah Pusat terkait tatanan new normal, Bandar Lampung sudah siap dalam penerapannya. 

Bahkan saat ini masyarakat Bandar Lampung sudah tidak lagi bekerja dari rumah (work from home) Harapannya dengan dimulainya penerapan new normal secara bertahap perekonomian Lampung; khususnya Bandar Lampung dapat membaik; sebab seperti yang kita ketahui bahwa terdapat dampak perekonomian yang memburuk akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Langkah-langkah nyata juga sudah dilakukan oleh jajaran Tim Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung agar Lampung dapat menerapkan new normal dengan sukses. 

Dalam hal ini Tim Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 d Kota Bandar Lampung menggandeng pihak swasta dan masyarakat agar dapat mendukung penerapan new normal sesuai dengan protokol kesehatan. 

Penerapan tatanan new normal di Kota Bandar Lampung dimulai dari dilakukannya pengawasan langsung di tempat-tempat umum. Pengawasan langsung dilakukan dengan menggandeng pihak-pihak swasta agar memberdayakan para pegawainya; terutama security di tempat-tempat umum agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung atau masyarakat yang datang. 

Diharapkan agar nantinya protokol kesehatan; seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak; dapat menjadi kebiasaan sehingga dapat membentuk perilaku masyarakat untuk selalu hidup sehat.

Semoga Pemerintah Kota Bandar Lampung dapat dengan sukses menerapkan tatanan new normal dan masyarakat Kota Bandar Lampung menjadi individu yang berperilaku untuk selalu hidup bersih dan sehat. Mari bersama-sama kita dukung Pemerintah Kota Bandar Lampung agar dapat memberikan performa yang terbaik bagi masyarakat Kota Bandar Lampung.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x