Mohon tunggu...
oktarina1025
oktarina1025 Mohon Tunggu... Mahasiswi

Allah Terusss

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hubungan Internasional dalam Perspektif Islam

15 Oktober 2019   00:59 Diperbarui: 15 Oktober 2019   01:17 0 0 0 Mohon Tunggu...

                                                                                             

                                                                                                        5 KONSEP WORLDVIEW DALAM ISLAM

Sebelum membahas tentang beberapa konsep worldview dalam islam ada baiknya menegetahui apa yang dimaksud dengan worldview? Jika diartikan secara umum Worldview  bermakna filsafat hidup. Sedangkan menurut beberapa ahli worldview memiliki 3 point:

  • Motor bagi pemahaman sosial
  • Asas bagi pemahaman realitas
  • Asas bapi pemahaman Ilmiah

    Menurut S.M Naquib Al-Attas worldview adalah cara pandang "Ru'yat al-Islam liliwujudi" yang artinya pandangan islma tentang realitas dan kebenaran yang nampak oleh mata hati kita dan menjelaskan hakekat wujud. Sedangkan Worldview Islam adalah pandangan atau filsafat hidup yang tidak menentang pada ajaran Islam atau dengan kata lain pandangan gidup yang menjadikan Islam sebagai dasarnya.

    Beberpa konsep dalam worldview islam juga menjadi dasar agar terjiptanya fiolosoh atau acuan hidup yang sesuai dengan Islam, konsep-kosnsep tersebut adalah:

  • Konsep Ketuhanan

    Tuahid yang berarti Mengesahkan tuhan yaitu Allah SWT memiliki 3 kelompok:

    a. Tauhid Rububiyyah.
    b. Tauhid Uluhiyyah.
    c. Tauhid Asma Wa Sifat.

    Pernytaan Allah SWT dalam surat Al-ankabut ayat 61:

                                                                                                 ( )                                                                                                                        

    Artinya:
     
    Dan sungguh jika kamu tanyakan kepada mereka "siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?" Tentu mereka akan menjawab "Allah" maka betapakan mereka dapat dipalingkan (dari jalan yang benar).

    Ayat ini merupakan ayata pengakuan bahwa Allah lah yang membua alam semesta. Mengenal tentang pencipta adalah sesutau yang diperluakn terurama dalam meningkatkan ketakwaan, karena seseorang yang bertakwa haruslah memiliki Iman. Adapun konsep ketuhana memiliki peran penting sebagai jembata untuk mengaplikasinkan ketentuan Allah dalam kehidupan sehari-hari.


  • Konsep Agama Islam

    Setelah kita membahas konsep tuhan maka pembahasan konsep selanjutnya adalah agama islam. Agama berasal dari kata sansekerta "A" yang memiliki arti Tidak dan Gama yang emmiliki arti Kacau, maka agama berarti TIDAK KACAU. Islam memiliki arti kata selamat, sentosa, dan damai. Maka secara harfiah agama islam berarti ketidak kacauan dan keselamtan. Mengetahui tentang agama tentu perlu karena agama adalah jembatan utama untuk mengenal Tuhan, lalu mengapa haru Islam? Perlunya mnegetahui tentang Agama Islam jelas diperlukan agar apa yang kita jalankan dan yang kita pelajari tidaklah keluar dari ajaran dan ketentuan Islam. Adapun sifat Islam sebagai betikut:  

    1. Fitrah
     
    2. Rasional dan mudah

    3. Mempersatukan antara jasmani dan rohani
     
    4. Stabil dan berkembang.


  • Konsep Wahyu dan Kenabian

    Wahyu dalam bahasa arab bermakna suara, cepat, dan tersembunyi. Wahyu juga diartikan sebagai informasi yang diberikan kepada Nabi dari Allah SWT, denag berbagai cara anatara lain:

  • Melalui perantara (Jibril)  
  • Tanpa perantara (balik tabir)

 

Fungsi dari wahyu juga sangatlah peting [asalnya wahyu berfungsi sebagai penjelas mengenai yang Ghaib, dan membantu dalam memehami kehidupan di akhirat. Pada dasarnya ada dua hal yang ditingglan Rasalalluh agar manusia tidaklah tersesat yaitu Al-Qur'an dan Sunnati Rasul

 

  • Konsep Kenabian 

    Nabi secara harfiah adalah seseorang yang membaw aberita. Kata Nabi biasa sering disandingkan dengan Rasul lalu apa perbedaan diantara keduanya?. Nabi adalah seseorang yang diberikan wahyu namun tidak memiliki kewajiban untuk mengabarkannya. Sedangkan Rasul adalah seseorang yang mendapatkan wahyu lagi diwajibkan untuk mengabarkannya kepada Ummat bahkan Rasul haruslah menuntun manusia kejalan yang benar.

  • Konsep Alam Semesta

 proses dari terbentuknya alam semesta telah dijelaskan dalam Al-Qur'an Ar-Rum ayat: 8 sedangkan tentang terciptanya Alam Semesta pada surat Al-Anbiya ayat: 30. Pranas Laplaze juga menemunkan kesamaan dengan Islam dalam proses penciptaan alam semsta yaitu diawali dengan kabut atau disebut dengan  . Penciptaan alam semesta juga sebagai lapangan bagi manusia unutk berbuat baik dan menebarkan kebaikan (Ad-dunya Mazro'atul akhiroh) dunia ini hanyalah lapangan untuk menuju akhirat. Dan manusialah yang diberikan amanah unutk menadi Khalifah dibumi maka dari itu haruslah ada keharmonisan antara manusia dan alam semesta, keharmonisan antara alam semesta daptlah digapai apabila Islam dan hukum-hukumnya dilaksanakan diatas bumi ini. Adapun alam semesta juga merupakan bukti atas kekuasaan Allah SWT.