Mohon tunggu...
Humaniora

Guru Terbaik di Dunia "ERVOSYS+FY+Dkk"

25 Maret 2018   13:00 Diperbarui: 25 Maret 2018   13:19 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pertemanan yang kuat dibangun karena adanya komunikasi yang kuat, dari masa SMP hingga sekarang saya kuliah, saya mempunyai sahabat-sahabat yang luar biasa, sebut saja "ERVOSYS+FY+dkk" itu adalah nama persahabatan kami yang berjumlah 18 orang, persahabatan itu kami bangun sejak saya duduk dibangku SMP, awalnya kami tidak saling mengenal, namun karena kami satu kelas dan satu organisasi "OSIS", kami jadi semakin dekat, hingga akhirnya kami bersahabat baik. Apapun yang dikerjakan, kami selalu mengerjakannya bersama-sama, senang atau susah kami lalui bersama-sama. Sampai pada akhirnya kelulusan, disitulah perpisahan dimulai, karena ada yang melanjutkan SMAnya di luar daerah. 

Perpisahan bukan masalah besar bagi kami, karena kami selalu bertemu tiap libur semester saat sahabat saya dari luar daerah pulang ke rumahnya. Begitu juga sahabat-sahabat saya yang SMAnya di dalam daerah, walaupun SMA kami berbeda, tapi hampir tiap bulan kami selalu bertemu untuk bersilaturahmi dan berbagi cerita. Itu kami lakukan sampai kami kuliah. Bagi kami jarak bukanlah suatu alasan untuk memutuskan tali silaturahmi, meski berpisah kami selalu menjalin komunikasi lewat media sosial, kami selalu berbagi cerita tentang masa kami kuliah di media sosial. 

Kami saling mendoakan untuk kebaikan masing-masing. Jujur, saya sangat merindukan mereka, apalagi mengingat kisah yang telah diukir bersama. Ketika saya ulang tahun,  mereka selalu memberi kejutan yang luar biasa dan itu membuat saya menangis bahagia. Meski beda sekolah, mereka datang ke sekolah saya untuk memberikan kue ulang tahun dan kado seraya menyanyikan lagu selamat ulang tahun, mungkin bagi kalian itu terlihat sederhana, tapi bagi saya itu luar biasa dan sangat berkesan. Mereka adalah kado terindah yang diberikan Tuhan untuk saya, mereka adalah guru saya. Mereka mengajarkan saya banyak hal, dari hidup yang sederhana, berteman tidak memilah-milih, bersabar ketika menghadapi masalah, dan bersyukur dalam menjalani kehidupan.    

Mereka benar-benar mensahabati saya, suatu hal yang tidak akan pernah saya lupakan adalah ketika saya ingin mendaftar kuliah, dan alhamdulillah saya dinyatakan lulus. Tiba saatnya pengumuman UKT (uang kuliah tunggal), dan itu harus dibayar seminggu sejak pengumuman. Pada saat itu keluarga saya sedang menghadapi kesulitan, dan saya hampir tidak bisa bayar UKT. 

Saya bingung harus mencari uang kemana, saya hampir hilang arah dan putus asa. Kemudian, saya menceritakan masalah saya pada ke 3 orang sahabat saya dari ERVOSYS+FY+dkk, mereka mengerti akan masalah saya, kemudian mereka menyuruh saya untuk kerumah sahabat saya yang bernama Sahra Saufa yang biasa dipanggil Ara, ketika saya membuka pintu rumah Ara, sahabat-sahabat saya sudah berkumpul di rumahnya, mereka menyemangati saya, dan meminjamkan saya uang agar saya bisa bayar UKT. Saya langsung menangis terharu dan minta maaf karena telah merepotkan mereka, namun apa jawaban mereka "Kami selalu mendukungmu ta, kamu harus bisa kuliah ta, kamu pasti sukses. 

Kamu tidak merepotkan kami, kami malah senang bisa bantu kamu, susah maupun senang kami akan selalu ada untukmu" tak henti-hentinya air mata saya menetes bahagia mendapatkan sahabat yang luar biasa seperti mereka. Sahabat yang baik, yang siap membantu sahabatnya dalam kesusahan. Alhamdulillah saya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi yang saya inginkan.

Sebulan kemudian, saya ingin membayar uang yang pernah saya pinjam ke sahabat-sahabat saya, tapi mereka semua menolak untuk dikembalikan, mereka bilang "kami sudah ikhlas ta, tidak usah dikembalikan, uangnya kamu pakai buat kuliah saja ta, semoga bermanfaat ya". Saya sangat berterima kasih pada mereka, uang yang mereka pinjamkan tidak sedikit, tapi mereka mengikhlaskan untuk saya. Saya merasa beruntung dipertemukan dengan mereka. Mereka bagai malaikat kecil yang Tuhan berikan, bagai guru yang selalu ada untuk muridnya. Bagai guru yang membimbing muridnya ketika ia kebingungan dan putus asa akan cita-cita yang ia capai, sungguh guru yang luar biasa.

Saya ucapkan terima kasih kepada ERVOSYS+FY+dkk (Eza, Rina, Vinna, Okta, Syaumi, Yesica, Sarah, Fadli, Yudha, Ara, Dini, Sasa, Mutia, Deel, Ilham, Ribly, Zainul, Anandita), kalian adalah sahabat terbaik. Sungguh saya menyayangi kalian, sampai jumpa dilain waktu sobat. Sukses selalu untuk kalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun