Mohon tunggu...
OKTAMIDANTA RIZAL
OKTAMIDANTA RIZAL Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa ilmu komunikasi

mahasiswa menempuh pendidikan strata - 1 Ilmu Komunikasi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, saat ini sedang mengambil fokus di Public Relation.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konvergensi Media dan Beberapa Pengalaman Menarik

15 April 2021   15:23 Diperbarui: 15 April 2021   15:33 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sobat komunikasi, ini adalah tulisan ke tiga saya pada bulan april 2021 semoga senantiasa kita di berikan kesehatan sehingga bisa selalu melakukan hal yang bermanfaat bagi diri kita dan orang lain, serta dapat berbagi kisah menarik seputar ilmu komunikasi.

Puji syukur kepada tuhan yang maha esa sehingga saya, rekan kuliah, maupun  sobat komunikasi sekalian dapat diberikan kesempatan untuk dapat membaca tulisan yang berisikan pengalaman saya selama mempelajari ilmu komunikasi, tidak bosan-bosannya saya akan selalu membagikan pengalaman menarik saya kepada sobat komunikasi seklaian.

Seperti biasa saya akan membagikan pengalaman menarik selama belajar tentang ilmu komunikasi. pada tulisan kali ini saya akan membagikan tentang konvergensi media berikut juga contoh yang diambil dari pengalaman pribad saya.

Untuk teman-teman yang baru mengetahui tulisan saya, izinkan saya mengenalkan diri kepada teman-teman. Nama saya Oktamidanta saat ini saya sedang mengambil studi ilmu komunikasi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan mengambil fokus di Public Relations. Pada tulisan kali ini izinkan saya membagikan pengalaman pribad kepada teman-teman tentang Sebagian kecil dari contoh pengalam pribadi tentang konvergensi media yang pernah saya alami

Sebelum saya membahas lebih dalam tentang pengalaman saya pribadi, kita harus mengetahui apa itu definisi secara luas dari konvergensi media . konvergensi media adalah penggabungan media massa seperti media cetak, televisi, radio dan internet dengan menggunakan teknologi digital khususnya teknologi komunikasi 

Berikut ini saya akan berbagi pengalaman tentang penggunaan konvergensi media, pengalaman pertama dating Ketika saya sedang duduk di bangku sma (sekolah menengah atas)  pada pagi hari itu saya berangkat ke sekolah namun saya kurang persiapan dan alhasil bangun kesiangan, kemudian saya berangkat kesekolah tanpa membawa buku maupun alat tulis karena sudah saya simpan dengan baik di dalam laci meja belajar di dalam kelas saya. Saya hanya membawa jiwa, raga dan niat untuk berangkat ke sekolah, setelah sampainya di sekolah saya langsung teringat Ketika teman saya ada yang membawa pakaian Olahraga yang akan digunakan Ketika jam pelajaran olah raga nanti.

Saya lupa mempersiapkan dan membawa pakaian olahraga saya pun langsung terkaget dan panik apalagi di sekolah saya tidak di izinkan untuk keluar dari lingkungan sekolah dengan alas an yang kurang logis, di pagar pintu sekolah sudah dijaga oleh petugas keamanan sekolah dan terdapat juga guru Bimbingan konseling yang sedang mamantau siswa atau siswi yang daang terlambat, akhirnya saya pun memutarbalikkan otak agar tidak terkena hukuman disaat jam pelajaran olahraga nanti, kemudian saya mengeluarkan smartphone keluaran terbaru pada masa itu lalu saya membuka aplikasi transportasi ojek online dan menggunakan fitur kirim paket yang telah di sediakan oleh aplikasi ojek online tersebut.

Kemudian tidak lupa saya menghubungi juga orang rumah agar mempersiapkan baju olah raga saya yang hendak di kirim ke sekolah saya menggunakan fitur yang telah di sediakan oleh aplikasi ojek online tersebut. Dengan menggunakan layanan kirim paket dari transportasi online saya di untungkan dengan tidak perlu capek-capek untuk Kembali kerumah hanya untuk mengambil pakaian olahraga saya. Saya memanfaatkan konvergensi media dengan teknologi komunikasi. Dari cerita di atas ialah contoh konvergensi media yang saya alami, berikut akan saya bagikan contoh lain dari konvergensi media.

Untuk pengalaman yang kedua berkaitan dengan konvergensi media ialah menggunakan layanan belanja online. Sejak saya sedang berusia di bangku sekolah dasar ayah saya senang sekali mengkoleksi jam tangan yang memiliki nilai lebih diantara merk jam tangan yang berada di pasaran, hal ini membuat hobi ayahnya tidak jauh-jauh turun kepada anaknya. Jadi sampai saat ini saya mulai tertarik untuk mengkoleksi jam tangan yang memiliki nilai sejarah yang ada didalamnya. Dikarenakan jam yang memiliki nilai lebih tersebut banyak sekali peminatnya sehingga jumlah yang beredar dipasaran sangat lah sedikit jumlahnya. Suatu saat saya mendapakan kabar bahwa terdapat kolektor jam yang sedang mengurangi koleksinya dan kebetulan spesifikasi dan model jam tangan tersebut cocok dan sesuai dengan keeinginan saya.

Lokasinya kolektor jam tersebut sangat jauh dari rumah saya dan  memerlukan biaya pengeluaran transportasi yang lebih mahal. Sehingga terdapat inisiatif untuk melakukan transaksi tersebut menggunakan rekber ( rekening bersama) dengan memanfaatkan salah satu toko online terbesar dan sudah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan teknologi tersebut tanpa kita sadari sudah menerapkan dari konvergensi media yang menggunakan teknologi komunikasi .

Baik sobat komunikasi masih banyak sekali contoh-contoh dari konvergensi media yang bisa kita jumpai didalam kehidupan sehari-sehari. Namun dengan berat hati saya akan menceritakannya pada lain kesempatan. Okee begitu saja tulisan saya tentang konvergensi media saya izin undur diri kepada sobat komunikasi, semoga kita dapat di pertemukan pada cerita-cerita serta pengalaman yang lainnya. Semoga sedikit cerita dari saya dapat menginspirasi sobat sekalian untuk menceritakan pengalaman menariknya di dunia komunikasi.

Tetap jaga kesehatan, jangan lupa minum air putih yang cukup ,banyak makan sayur-sauran dan buah-buahan sobat komunikasi. Terima kasih….

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun