Mohon tunggu...
Okta Chandra RK
Okta Chandra RK Mohon Tunggu... Guru - Pengisi Materi di Belajar Bareng Okta Channel

Suka matematika, sekaligus mengajar matematika. Saya juga mengelola blog mathclinic.my.id dan juga channel youtube belajar bareng okta yang berisi seputar matematika. Saya juga sedang mengembangkan blog ladangilmu.my.id

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Implementasi Hasil Pelatihan Mandiri Merdeka Belajar

11 September 2022   21:10 Diperbarui: 13 September 2022   12:54 7254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aksi Nyata Merdeka Belajar | Gambar Oleh : Okta Chandra RK

Aksi Nyata Implementasi Hasil Pelatihan Mandiri Merdeka Belajar

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi tentang pemahaman yang saya tangkap tentang topik merdeka belajar dari pelatihan mandiri yang saya ikuti melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Sekaligus sebagai resume dan bentuk Aksi nyata setelah mengikuti pelatihan tersebut. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang merdeka belajar bagi siapapun yang membaca artikel ini. 

Pada pelatihan ini terdapat 5 modul yang disajikan untuk kita pelajari dalam platform merdeka mengajar (PMM).
Modul 1; Mengenali diri dan perannya sebagai pendidik
Modul 2; Mendidik dan mengajar
Modul 3; Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
Modul 4; Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
Modul 5; Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan
Setiap modul dipaparkan dalam penjelasan dalam video, kemudian di akhir video terdapat latihan pemahaman dan di tutup dengan cerita reflektif yang harus kita tulikan sebagai refleksi dari pemaparan yang telah diberikan.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai Guru maupun Kepala Sekolah, Anda bisa mengakses pelatihan tersebut melalui aplikasi merdeka belajar yang bisa di download di play store atau dapat pula melalui web browser dengan mengakses link https://guru.kemdikbud.go.id/. Kemudian silahkan login menggunakan akun belajar.id yang diberikan pemerintah. Kemudian pilihlah pelatihan mandiri dan pilih topik merdeka belajar.

Baca juga: Gubahan Cinta

Baik, selanjutnya mati kita akan bahas kelima modul tersebut satu persatu.

Modul 1: Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik

Dalam modul 1 ini terdapat 2 materi yakni; Apa Peran Saya Sebagai Guru dan Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya

Sebagai Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri. Selanjutnya kita dapat menggunakan kekuatan tersebut serta meminimalkan kelemahan diri kita dalam mendidik dan mengajar siswa-siswa kita baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Guru mengikuti Bimtek Kurikulum Merdeka sebagai upaya untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi serta bersiap menghadapi perubahan. Sebagai contoh: Saat ini kita berada pada era digital. Dimana pada era ini terjadi digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan termasuk pada dunia pendidikan

Saat ini, hampir semua aspek pendidikan sudah dapat di akses dan dilaksanakan secara daring (online) baik melalui aplikasi, media sosial ataupun internet. Sehingga secara tidak langsung, sebagai guru kita harus siap menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dengan teknologi yang akhirnya mengharuskan kita untuk belajar dan mengembangkan diri lebih lanjut tentang teknologi untuk pendidikan serta pemanfaatannya dalam pembelajaran. Agar kita tidak tertinggal oleh zaman.

1.1 Apa Peran Saya Sebagai Guru/pendidik?

Pada materi pertama membahas tentang peran kita  sebagai pendidik. Tidak bisa dipungkiri bahwa peran pendidik amatlah penting bagi perkembangan murid. 

Sebagai pendidik, kita harus mengetahui peran penting kita dalam dunia pendidikan khususnya pada pembelajaran yang kita lakukan. Kita harus terus berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menarik, inovatif, menyenangkan yang juga mengakomodasi konsep merdeka belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun