Mohon tunggu...
Fery irawan budiyanto
Fery irawan budiyanto Mohon Tunggu... Kulit sawo matang

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Mitigasi Bencana Pada Masyarakat

12 November 2019   21:22 Diperbarui: 13 November 2019   08:40 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Mitigasi Bencana Pada Masyarakat
20181022-111559-5dcb5e63d541df7316735e82.jpg

Oleh : Fery irawan B.

Mahasiswa Fakulatas Dakwah dan Komunikasi

Memitigasi bencana sendiri merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi bencana, baik melalui pembangunan, penyadaran maupun meningkatkan kemampuan menghadapi bencana.

Di Indonesia sendiri terkenal dengan cincin api atau berada di garis katulistiwa yang rawan akan bencana gempa bumi, tsunami, longsor dan lain sebagainya. Maka dari itu, masyarakat perlu mengetahui bagaimana cara mencegah, memperbaiki maupun mengetahui jika terjadi bencana secara tiba tiba.

Terutama gempa yang sering terjadi di wilayah pulau jawa yang banyak gunung berapi sehingga banyak gempa vulkanik maupun gempa tektonik.

Antara kegiatan mitigasi bencana dapat dilakukan dengan cara pengenalan dan pemantauan bencana, pengembangan budaya sadar bencana, pemantauan penggunaan teknologi tinggi dan lain sebagainya. Berdasarkan kegiatan tersebut dapat  mengurangi dampak yang di timbulkan melalui penduduk, sebagai landasan pembangunan, dan meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk menanggulangi bencana yang akan terjadi di lingkungan sekitar.

Jadi, mitigasi bencana sangat penting bagi masyarakat karena selain ilmu pengetahuan, masyarakat juga bisa langsung untuk membantu dari segi materi maupun non materi, sehingga dapat meminimalisir dampak yang terjadi ketika mengalami suatu bencana.

VIDEO PILIHAN