Mohon tunggu...
Okkydhian VickyAstraedha
Okkydhian VickyAstraedha Mohon Tunggu... Lainnya - Okkydhian

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Menerapkan Protokol Kesehatan dalam Pembelajaran Tatap Muka

24 Oktober 2021   10:09 Diperbarui: 24 Oktober 2021   10:20 234 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak awal Covid-19 hingga saat ini sudah terhitung lebih dari 4,22 juta kasus Covid-19 di Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa pandemi Covid-19 ini menyebabkan banyak perubahan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan.

Dalam bidang pendidikan sejak Covid-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020, para siswa dan juga mahasiswa terpaksa melakukan pembelajaran secara daring. Guru dan dosen pun dituntut untuk kreatif dalam teknologi dan mengajar dalam jarak jauh. Berbagai media pembelajaran pun digunakan seperti whatsapp, google classroom, youtube, zoom cloud meeting, google meet, dan lain sebagainya. 

Sementara untuk ujiannya sendiri pun pada berbagai media seperti google form, kahoot, moodle, google classroom, atau bahkan guru hanya yang membagikan soal ujian melalui media whatsapp. Sebenarnya ujian daring ini bisa dikatakan kurang efektif karena para siswa tidak diawasi oleh guru secara tatap muka sehingga mereka mempunyai kesempatan besar untuk melakukan kecurangan.

Akhir-akhir ini, kita sudah mendengar isu-isu mengenai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang mulai dilaksanakan di berbagai sekolah. Tetapi apakah kebijakan ini merupakan suatu langkah yang tepat? Bagaimana dengan dampak negatif pembelajaran tatap muka ini? Lalu bagaimanakah metode pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang tepat?

Pembelajaran tatap muka ini jelas akan sangat berbeda dengan keadaan sebelum pandemi Covid-19, karena dunia ini belum sepenuhnya sembuh dari Covid-19 sehingga kita masih haruslah perlu waspada dengan bahaya yang akan ditimbulkan. Sebelum memulai pelaksanaannya sebaiknya diadakan sosialisasi terhadap para guru dan siswa. 

Para guru diberikan sosialisasi, pengarahan, dan simulasi mengenai metode---metode pembelajaran yang tepat dan efektif di masa new normal ini. 

Para siswa diberikan pula mengenai bagaimana tetap menjaga jarak aman dan menghindari kontak fisik dengan teman sekolahnya. Sementara untuk sekolah sendiri haruslah diberikan sosialisasi, bagaimana lingkungan sekolah itu agar tepat dan siap untuk menjalankan pembeajaran tatap muka kembali.

Guru merupakan peran terpenting dalam keberhasilan pembelajaran tatap muka ini. Karena pada saat pembelajaran di dalam kelas, guru harus memperhatikan apakah murid-muridnya tetap menjaga protokol kesehatan atau tidak. Guru juga harus selalu menjaga jarak aman dengan murid. 

Ada kesulitan dengan metode pembelajaran seperti ini, murid akan sulit atau bahkan tidak bisa berdikusi mengenai Materi pembelajaran secara maksimal dengan teman sekelasnya. Di sekolah kita juga hanya akan bisa melakukan pelajaran secara teori, karena akan sulit jika dilakukan secara praktik, seperti contoh olahraga ataupun praktikum di laboratorium.

Pelajar wajib benar-benar mengerti dan menerapkan pentingnya protokol kesehatan itu. Karena keselamatan dan kesehatan diri berada ditangan diri pribadi, jangan sampai siswa lalai akan hal yang harus dan hal yang dilarang hanya karena untuk memenuhi ego pribadi. Setelah pelajaran usai siswa yang tidak diantar-jemput orang tuanya akan nongkrong bersama teman sebayanya, hal itulah yang seharusnya selalu menjadi perhatian sekolah agar jangan sampai sekolah penyebab penyebaran Covid-19.

Sementara sekolah sendiri, mempunyai tugas yang sangat berat agar pembelajaran tatap muka dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Karena kebijakan---kebijakan yang sekolah terapkan itulah yang akan menentukan bagaimana kedepannya. sekolah harus memperhatikan secara detail bagaimana guru atau siswa sebelum berangkat ke sekolah hingga pulang kembali ke rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan