Mohon tunggu...
Okto Klau
Okto Klau Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Menulis adalah mengabadikan pikiran

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Momentum Hardiknas dan Arah Pendidikan Kita

2 Mei 2022   08:53 Diperbarui: 2 Mei 2022   09:34 209 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kumpulan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional, Sumber Gambar: freepik.com

Bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, kita juga memperingati hari Pendidikan Nasional. Pertanyaan besarnya, berkiblat ke manakah arah pendidikan kita di Hari Pendidikan Nasional saat ini.

Tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam memperingati Hardiknas adalah dengan melaksanakan upacara bendera.

Tetapi upacara bendera hanyalah salah cara. Yang paling utama adalah pemaknaan terhadap peringatan tersebut. Pendidikan yang baik tidak turun dari langit. Pendidikan yang baik ada di dalam proses yang baik.

Terlalu naif bila kita menampik progres kemajuan yang telah kita capai sampai saat ini di dalam dunia pendidikan kita. Meski rangking Pissa kita tidak merangkak naik, tetapi kemajuan tetap kita peroleh.

Setidaknya masalah buta huruf sudah teratasi. Demikian pula dengan angka putus sekolah yang sudah berhasil kita tekan.

Melalui tema Hari Pendidikan Nasional 2022 adalah "Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar", kita bersama-sama mengharapkan lebih banyak kreativitas muncul dari dunia pendidikan.

Peringan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tahun bertujuan agar semua insan pendidikan bisa mengingat kembali filosofi dan nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pendidikan di Indonesia.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, tahun ini upacara bendera peringatan Hardiknas 2022 akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 13 Mei nanti.

Dilansir dari laman Kemendikbud tentang pedoman pelaksanaan upacara Hardiknas 2022, upacara nanti akan diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

Upacara peringatan Hardiknas seharusnya menjadi momentum penting untuk menyulut semangat memajukan pendidikan Indonesia bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan