Mohon tunggu...
Okto Klau
Okto Klau Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Menulis adalah mengabadikan pikiran

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Asal-usul Kunci, Hal Penting untuk Mengamankan Rumah saat Mudik

30 April 2022   10:37 Diperbarui: 30 April 2022   11:26 233 18 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar Kunci Rumah (Sumber gambar: homedepot.com)

Saat mudik, hal yang paling mengkhwatirkan adalah keamanan rumah. Ketika kita meninggalkan rumah dengan gembok atau kunci-kunci yang aman,  maka rasa cemas dan khwatir akan hilang dengan sendirinya.

Kunci rumah adalah benda yang penting untuk dimiliki. Demi menjaga keamanan rumah tentu saja kunci rumah harus dipilih yang terbaik. Kunci menjadi komponen yang paling penting untuk mengamankan rumah ketika mudik atau harus bepergian.

Namun tahukah kita kunci yang kita pakai saat ini mempunyai satu sejarah perkembangan yang panjang sebelum sampai sekarang bahkan kini telah ada kunci digital?

Nah, berikut ini adalah perkembangan penemuan kunci dalam sejarah yang telah memberi rasa aman untuk kita bila bepergian.

Kunci tertua ternyata ditemukan di reruntuhan Istana Khorsabad Kerajaan Asyria (Negara Irak sekarang) dekat Ninive 4000 tahun silam. Kunci kuno ini memiliki bentuk serupa dengan palang pintu rumah di pedesaan.

Lalu bagaimana cara kerja kunci kuno ini?

Cara kerja kunci kuno ini masih sangat sederhana. Semua bahan untuk kunci ini terbuat dari kayu yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk memberi rasa aman bagi pemilik rumah ketika harus meninggalkan rumah.

Kunci ini terdiri dari dua batang vertikal dan satu batang horisontal. Palang horisontal ini akan dimasukkan ke dua celah vertikal batang vertikal, dari batang vertikal pertama akan turun batang-batang ramping kecil yang akan masuk ke lubang bagian horisontal. Batang horisontal tertahan  dan pintu pun terkunci.

Untuk membukanya memakai anak kunci seperti sikat gigi. Tapi bulunya diganti batang-batang pendek ramping. Anak kunci tersebut akan ditelusupkan di celah tengah batang vertikal pertama, batang-batang anak kunci akan mendongkrak batang-batang lubang pengunci sehingga palang horisontal lolos ditarik.

Kunci kuno sangat besar dan sangat tidak praktis. Karena itu manusia mulai membuatnya menjadi lebih sederhana.

Orang Romawi misalnya, telah mengganti palang-palang kayu tersebut dengan besi dan perunggu. Pemilihan ini terutama mempertimbangkan kepraktisannya dan juga agar lebi kecil dan kuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan